Windows Generasi Baru Rilis Oktober, Ini Dia Bocoran Fitur-Fitur Barunya

CEO Microsoft Satya Nadella sudah mengkonfirmasi bahwa Windows generasi baru sudah pasti akan dirilis tahun ini. Nama kode Windows generasi baru itu adalah Sun Valley. Dalam acara Build 2021, Nadella mengatakan bahwa Windows ini akan jadi Windows paling penting dalam perjalanan Microsoft selama ini.

Pada saat ini pun Windows sudah sangat penting. Karena telah digunakan oleh 1,3 miliar orang di seluruh dunia. Baik untuk kerja, untuk belajar, dan juga untuk bermain. Windows generasi baru ini, Nadella menjelaskan, akan membuka kesempatan ekonomi baru untuk developer/pengembang aplikasi dan kreator.

Windows generasi baru juga akan ada perubahan di tampilan, tidak hanya mengubah desain di tombol-tombol, tetapi juga menambah fungsi baru di aplikasi seperti File Explorer, Start Menu, Action Center, hingga Taskbar. Garis besarnya adalah mereka akan menyempurnakan desain dan fungsi Windows sejak era Windows 8.

Selanjutnya juga ada perubahan huruf, kemampuan huruf di Windows yang bisa dengan mudah menyesuaikan di ukuran layar yang sangat kecil, juga sangat besar. Teknologinya namanya Segoe UI Variable. Dampaknya, bisa mempermudah navigasi Windows di beragam jenis perangkat dan beragam ukuran layar.

Selain itu, ada juga fitur Animasi dan Sentuhan Microsoft menggunakan user interface baru di Sun Valley. Namanya WinUI. Sebenarnya bukan pengganti Fluent Design yang ada sekarang. Tetapi dibangun di atasnya, yang tujuannya untuk memperbaiki eksperiens UI yang lama dan yang baru. Jadi pengguna tetap merasa tidak asing, sambil mendapatkan fungsi-fungsi baru.

Windows generasi baru ini juga terinspirasi dari Windows 7. Microsoft memutuskan untuk menggunakan desain ala windows 7 dengan background transparant,dll. Cloud PC, Salah satu fitur baru Sun Valley adalah Cloud PC dan streaming untuk aplikasi Android. Cloud PC adalah fitur dimana konsumen korporasi bisa menjalankan desktop mereka di cloud dan menjalankannya lewat perangkat ponsel. Dengan layanan Windows as a Service Cloud PC yang berbayar, pelanggan korporasi bisa mengakses Windows PC mereka dari mana saja.

Tanggal rilisnya, Status RTM (release to manufacture) Windows 10 Sun Valley dilakukan pada Juni 2021 untuk kalangan terbatas, dan baru tersedia umum di Oktober 2021.