Teknologi Penyiaran Untuk Masa Depan

Sama seperti makhluk hidup pada umumnya yang butuh perubahan untuk bertahan hidup dan bersaing dengan sekitarnya, hal yang sama juga terjadi pada teknologi. Teknologi harus selalu beradaptasi dengan pasar – pasar teknologi masa kini untuk bisa berhasil memenangkan hati pelanggan. Hal inilah yang harus dilakukan oleh teknologi dalam bidang penyiaran. Teknologi dalam bidang penyiaran harus berkembang mengimbangi perkembangan pengguna yang selalu berubah dan berganti – ganti setiap waktu. Hal ini ditujukan demi mencapai kepuasan pelanggan yang maksimal. Di tahun-tahun mendatang, teknologi penyiaran perlu menemukan cara untuk beradaptasi dengan kenyataan baru, karena generasi baru konsumen informasi mengalihkan perhatian dari penyiaran TV ke platform digital lainnya. Menurut penelitian, hampir 8% dari populasi dunia hanya menonton televisi.

Mayoritas orang Amerika memperoleh informasi mereka dari televisi dan internet. Hanya 36% konsumen yang mengonsumsi berita secara eksklusif melalui platform digital. Menjadi lebih umum untuk melihat berita dan acara di komputer daripada di televisi di rumah. Pandemi menjadi katalis bagi lembaga penyiaran untuk berinvestasi pada saluran digital. Aplikasi seluler adalah cara generasi muda mendapatkan beritanya. Hanya pada tahun 2020 akan ada peningkatan besar dalam jumlah pengguna baru di platform internet penyiaran. Semua hambatan ini memaksa media penyiaran untuk berinvestasi dalam teknologi baru untuk menjangkau audiens target mereka.

Teknologi penyiaran yang penting dikembangkan oleh para Lembaga penyiaran adalah penggunaan Artificial Intelligence (AI) agar para pengguna merasa terbantu dengan pilihan konten yang akan mereka konsumsi. Di satu sisi, orang lebih menyukai konten buatan manusia; di sisi lain, perusahaan media tidak ingin mempekerjakan lebih banyak orang dan mencari cara untuk mengotomatisasi proses. Metode yang paling efektif adalah dengan memasukkan teknologi AI ke dalam kehidupan sehari-hari dan mengotomatisasi operasi yang tidak memerlukan campur tangan manusia. Teknologi lainnya yang harus dikembangkan adalah teknologi user – generated content dimana Lembaga penyiaran menyiapkan konten yang sesuai dengan selera penonton. Kemampuan untuk memantau dan mengelola konten yang dibuat pengguna adalah salah satu perubahan media yang paling sulit di industri ini. Dunia akan mencari tempat baru untuk berbagi konten dan keterampilan pada tahun 2021. Ponsel dan desktop pengguna telah memasang teknologi siaran. Peralatan khusus tidak diperlukan untuk membuat podcast atau streaming video. Teknologi – teknologi tersebut sangat berguna untuk kemajuan dunia penyiaran di masa yang akan datang.

Aplikasi seluler adalah cara generasi muda mendapatkan beritanya. Hanya pada tahun 2020 akan ada peningkatan besar dalam jumlah pengguna baru di platform internet penyiaran. Semua hambatan ini memaksa media penyiaran untuk berinvestasi dalam teknologi baru untuk menjangkau audiens target mereka.