Seluk Beluk Digital Creative Content

Communication Departement BINUS University mengadakan webinar dengan topik Seluk beluk Digital Creative Content dengan narasumber Jati Savitri Head of Digital Creative  Content Medcom.id,  kepada mahasiswa via Online Zoom.

Acara ini dibuka oleh Arleen Ariestyani selaku pembawa acara webinar, acara ini dimulai dari perkenalan narasumber Jati Savitri selaku Head of Digital Creative Content di Med om.id. Jati Savitri mempunyai 14 tahun pengalaman di TV dan sekarang dibidang Digital Broadcasting. Topik pertama yang dibahas adalah mengenai goal dari membuat content yang menarik.Hasil penelitian Microsoft tahun 2015 dari ribuan responden di Kanada tentang attention spend. Hasilnya tingkat perhatian manusia dibandingkan dengan goldfish kalah 1 detik dari goldfish.

Ikan 9 detik dan manusia 8 detik. Oleh karena itu kita harus mempelajari psikologis manusia sukanya content seperti apa, memperhatikan sesuatu berapa lama. Saat kita membuat content pastikan menarik perhatian audience di 8 detik pertama. Untuk memenangkan perhatian audience.

Konten yang menarik audience adalah content yang funny, inspiring, controversial, shocking, dan juga cute. Audience menyukai content yang menghibur, menginspirasi seperti program Kick Andy di Metro TV, dan juga controversial seperti berita pro kontra PPKM darurat, berita shocking mengenai tingginya kasus Covid-19 juga menarik audience, yang terakhir video cute seperti kucing yang bermain piano juga menjadi salah satu hal yang disukai audience.

Dilanjutkan dengan narasumber membahas element apa saja yang menarik audience dan cara mengemasnya.

Pertama, make it simple dalam membuat content dan juga dikemas dengan sederhana agar informasi bisa diterima semua kalangan dan dapat mudah dipahami..

Kedua perbanyak content berupa video karena banyak audience yang lebih menikmati konten video. Ada juga infographic, selanjutnya quiz dan polling.

Dikarenakan banyak masyarakat yang menggunakan smartphone untuk melihat content video, ini adalah tips upload video yanh dapat dinikmati di gadget. Mobile viewing, focus di close ups, produce per platform.

Selanjutnya kita membahas audio based content mengenai tips and trick dalam membuat podcast. Seperti, kita membuat content yang menarik, dan segmented.

memahami apa yang disukai oleh pendengar, harusconsistent dalam mengupload. Search engine optimization , create and excellent audio harus menarik perhatian audience di 8 detik pertama agar memenangkan perhatian pendengar, design a clever campaign seperti promosi di social media dengan cara yang menarik.

Engagement is gold, ketika kita ingin mempunyai social media yang berkembang kita harus aktif dengan audience. Kita juga harus track performance kita contohnya melalui google analytics ataupun bisa juga sprout social.

Jati Savitri juga membahas best time to post on social media dimulai dari Facebook, Instagram, dan juga Twitter. Rata-rata di hari Rabu sampai Jumat merupakan waktu yang tepat untuk mengunggah content kita di social media. Di webinar ini kita juga diberitahu social media apa saja yang sering di akses selama 3 bulan terakhir oleh masyarakat dan juga social media yang sering digunakan oleh masyarakat selama pandemi dilengkapi dengan topik content yang diminati.

 

 

 

Akhir dari webinar ini ditutup dengan pertanyaan-pertanyaan  yang ditunjukan kepada audience yang ingin mengetahui lagi lebih dalam mengenai seluk beluk Digital Creative Content. Diharapkan dari kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa Binus University khususnya dibidang Digital Creative Content.