Perkembangan Teknologi Penyiaran Dalam Dunia Olahraga

Teknologi penyiaran event olahraga telah berevolusi dengan sangat pesat sejak acara olahraga mulai disiarkan secara langsung di televisi pada saat olimpiade musim panas pada tahun 1939 di Berlin. Mulai dari situ, teknologi penyiaran tidak pernah sama lagi. Banyak teknologi yang lebih maju yang digunakan para penyiar untuk menyiarkan acara olahraga secara langsung dengan kualitas video dan audio yang mumpuni. Beberapa liga – liga olahraga besar telah menggunakan teknologi kamera terbaru demi menghasilkan gambar yang tajam. Sebagai contoh, salah satu pemegang hak siar dari National Football League atau NFL, Fox Sports, menggunakan kamera Sony α7R IV untuk menangkap momen – momen penting dalam pertandingan. Kamera tersebut mampu menangkap gambar dengan resolusi yang mencapai 4K.

Terobosan teknologi terbaru dalam penyiaran olahraga telah dilakukan oleh pihak National Basketball League atau NBA pada pagelaran NBA Playoffs 2020 silam. Dikarenakan pandemi yang masih berlangsung, pagelaran NBA Playoffs 2020 tidak dapat dihadiri oleh para penggemar basket seperti biasanya. Maka dari itu, jejeran panitia melakukan terobosan dalam penyiaran agar para penggemar dapat menikmati siaran langsung yang lebih menarik dan interaktif. Terobosan tersebut merupakan penggunaan kamera siar yang tidak biasa digunakan dalam event olahraga tersebut. Panitia pagelaran NBA Playoffs 2020 memasang Rail Cam, kamera robotic yang dapat menampilkan aksi para pemain dari sudut pandang para pemain dan pelatih yang duduk di pinggir lapangan.

Rail Cam dapat menghasilkan gambar yang tajam dan bisa bergerak secara horizontal sepanjang lapangan basket secara otomatis. Rail Cam dipasang agar para fans merasa lebih dekat dengan lapangan dan pemain favorit mereka. Selain penggunaan Rail Cam, pihak NBA juga memasang camera diatas ring basket yang dapat menampilkan aerial shot dari para pemain. Dikutip dari The Athletic, Wakil Presiden Produksi ESPN mengatakan bahwa tujuan terobosan – terobosan terbaru tersebut dilakukan adalah untuk member ikan point of view yang berbeda kepada para fans untuk melihat dan merasakan apa yang dilihat dan dirasakan oleh para pemain di lapangan.

Dengan perkembangan yang pesat seperti ini, patut ditunggu teknologi penyiaran seperti apa yang akan menghiasi dunia penyiaran event olahraga di masa yang akan datang.

 

Referensi:

Shea, B. (2020, Oktober 2). NBA bubble’s camera angles, enhanced audio will become regular-season staples. Retrieved from TheAthletic: https://theathletic.com/2108889/2020/10/02/nba-bubbles-camera-angles-enhanced-audio-will-become-regular-season-staples/

 Sumber Gambar: https://variety.com/2020/tv/news/espn-rail-cam-nba-basketball-digital-1234722200/