Perkembangan Podcast di Tanah Air

Muhammad Elfata Rasyid Hammuda

2440082882

Marketing Communication

Perkembangan Podcast di Tanah Air

Menciptakan sesuatu yang fresh di media sosial saat ini merupakan hal yang bisa disebut mudah karena banyaknya teknologi yang memadai. Baru-baru ini media sosial sedang mengalami perubahan yang cukup pesat dengan adanya podcast. Istilah podcast atau siniar dalam Bahasa Indonesia, merupakan hasil rekaman audio seseorang yang dapat didengarkan oleh masyarakat luas. Berbeda dengan radio yang hanya menyiarkan siarannya melalui suara, podcast berisi obrolan-obrolan menarik yang bisa juga ditampilkan dengan tampilan video yang jernih dan gak bikin bosen para pendengarnya. selain itu, yang menjadi kelebihan podcast yang paling menonjol dibandingkan radio adalah, podcast berisi tema yang spesifik. Jadi pendengar podcast bisa menentukan tema yang mau didengar seperti percintaan, horror, politik, dan lain sebagainya. Selain itu, pendengar podcast juga bisa melihat wajah-wajah para penyiar dan narasumbernya yang menarik.

Podcast juga punya banyak kelebihan, selain tampilannya yang fresh, podcast juga bisa didengar kapan saja dan dimana saja. Jadi tidak perlu khawatir karena takut ketinggalan topik-topik yang menarik. Apalagi Indonesia punya banyak sekali artis, youtuber, dan influencer yang tidak kalah keren. Selain video mereka yang menarik, Mereka juga ikut berkontribusi dalam pembuatan podcast. contohnya yang paling populer ada Deddy Corbuzier dengan segmen podcastnya sendiri yaitu closethedoor.

Deddy Corbuzier bisa dibilang pelopor naiknya tren podcast tanah air karena beliau sudah mengundang banyak bintang tamu yang fenomenal. Mulai dari ustadz kondang seperti Alm.Syeikh Ali Jaber dan Ustadz Khalid Basalamah, bahkan sampai menteri seperti Prabowo Subianto dan Susi Pudjiastuti juga hadir dan ikut serta dalam podcastnya Deddy Corbuzier. Dengan mengundang tokoh-tokoh terkenal, masyarakat juga merasa semakin dekat dengan mereka karena banyak sisi lain yang terbongkar dari orang-orang terkenal.  Kalau seperti ini, akan banyak sekali anak muda bahkan sampai orang tua juga ikut mendengarkan dan menonton podcast.

ASAL-USUL PODCAST

Bicara tentang podcast di tanah air tentunya tidak lepas dari sosok bapak podcast indonesia, Adriano Qalbi. Beliau adalah seorang pelawak yang menjadi pelopor suksesnya podcast di tanah air sejak tahun 2016 disusul oleh Iqbal Hariadi dan Rane Hafied. Podcast mereka pun tentunya memiliki tujuan yang berbeda-beda. Adriano menjadikan podcast sebagai sarana untuk berlatih stand up comedy, Iqbal bercerita tentang politik, karir, dan sebagainya, sedangkan Rane menceritakan tentang kehidupannya di Bangkok, Thailand.

Pada awalnya podcast hanya berisi cerita-cerita tentang kehidupan sehari-hari dengan waktu 30-60 menit. Pengisinya pun juga belum tentu orang terkenal. Justru banyak dari masyarakat biasa yang mengisi siaran podcast untuk mengisi waktu luang mereka. Berawal dari mengisi waktu luang, podcast bisa menjadi peluang yang besar untuk mendapatkan penghasilan tambahan ditengah situasi yang sulit seperti sekarang. Apalagi di masa pandemi banyak remaja yang terancam depresi karena banyaknya tempat hiburan yang tutup terkena dampak pandemi, podcast bisa menjadi alternatif hiburan sekaligus melepas penat dikala beristirahat menikmati waktu luang atau sambil mengerjakan tugas.

Kemunculan tren podcast di tanah air tidak lepas dari teknologi yang semakin canggih dan mobilitas orang-orang yang cepat terutama di perkotaan sehingga banyak dari orang-orang yang menggunakan earphone saat beraktivitas. Podcast juga bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengisi kekosongan mereka.

KELEBIHAN DAN MANFAAT PODCAST

  • Bisa didengarkan kapan saja dan dimana saja

Podcast bisa dinikmati setiap saat tanpa khawatir ketinggalan topik yang kita inginkan. Kita juga bisa menunda podcast yag kita dengar apabila kita punya kesibukan.

  • Tema yang beragam

Kelebihan podcast yang satu ini menjadi penentu penting dan menjadi alasan kenapa orang tetap memilih untuk mendengarkan podcast. Kita bisa memilih tema sesuka hati kita dan juga sesuai suasana hati.

  • Siaran tanpa iklan

Berbeda dengan radio, siaran podcast tidak menayangkan iklan saat sedang berlangsung. Hal ini akan membuat pendengar lebih fokus mendengarkan topik yang dibicarakan tanpa merasa terganggu dengan layanan iklan.

DAYA TARIK PODCAST

Sebagai pendatang yang terbilang baru, podcast memiliki daya tarik tersendiri yang bisa memikat setiap kalangan terutama anak muda. Podcast datang sebagai alternatif siaran radio maupun televisi yang memiliki program yang cenderung monoton. Apalagi belakangan ini pertelevisian indonesia sedang terpuruk dengan banyaknya konten-konten yang kurang mendidik terutama bagi generasi penerus bangsa.

walaupun podcast hanya berisi suara, tetapi semakin hari perkembangan podcast mulai terlihat cerah. Banyak dari public figure tanah air yang berlomba-lomba memulai podcast lewat media youtube. Mereka berusaha semaksimal mungkin mengundang influencer ternama untuk menarik penonton yang nantinya akan berlangganan saluran mereka sehingga mereka bisa menghasilkan uang lewat podcast yang mereka siarkan. Jika bintang tamu dan tema yang diambil cenderung kontroversial, akan semakin banyak orang yang tertarik mendengar maupun menonton podcast mereka. Dengan begitu para public figure tersebut bisa menghasilkan uang dua kali lipat lebih banyak.

Tidak hanya dari public figure ternama, banyak dari orang-orang atau masyarakat biasa yang ikut serta membuat podcast. Kabar baiknya, mereka memiliki kemampuan berbicara yang terkadang melebihi public figure sehingga membuat para pendengarnya terbawa suasana. Spotify yang merupakan platform musik ternama juga turut berperan dalam menyajikan podcast dari orang-orang hebat yang tidak banyak dikenal oleh masyarakat. dengan banyaknya orang yang mengunduh spotify, tentunya tren podcast akan terus mengalami peningkatan yang signifikan apabila penyiar terus berinovasi menghasilkan ide-ide yang fresh dalam pembuatan podcast.

Selain youtube dan spotify, tiktok juga menjadi sasaran podcast para artis tiktok. Tetapi podcast di tiktok biasanya disajikan dalam durasi yang singkat karena keterbatasan waktu. Biasanya podcast yang singkat tersebut hanya cuplikan video dari youtube. Nantinya penonton akan disuruh menuju saluran youtube mereka. jika berbicara mengenai podcast di tiktok, para penggunanya tidak dengan sengaja mencari podcast sebagai tujuan utamanya. Tetapi kemungkinan besar podcast tersebut lewat di beranda mereka saat mereka bermain aplikasi tersebut. Walaupun tiktok dipandang sebelah mata sebagai wadah podcast, tetapi tiktok bisa menjadi gerbang permulaan orang-orang yang menggunakannya untuk mengenal podcast secara lebih dalam.

MASA DEPAN PODCAST TANAH AIR

Jika diamati, podcast menjadi salah satu siaran yang masih eksis dan akan tetap eksis selain radio dan televisi. Sebagai pendatang baru media hiburan tanah air, salah satu penyebab keeksisan dan kelarisan podcast di indonesia adalah karena indonesia memiliki sumber daya manusia (SDM) yang unggul dalam bidang entertainment atau hiburan. Selain itu yang membuat podcast menjadi media terdepan adalah dari masyarakatnya atau netizen itu sendiri. Netizen Indonesia memiliki rasa penasaran yang lebih terhadap suatu topik. Apalagi jika topik tersebut kontroversial dan menjadi trending di media sosial. Dengan netizennya yang memiliki antusiasme tinggi, para public figure maupun influencer di indonesia akan berlomba untuk membuat podcast semenarik mungkin supaya netizen indonesia menonton video mereka. Oleh karena itu, dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh podcast, tentunya podcast berpotensi besar memiliki masa depan yang cerah.