Penyebab Terjadinya Cyberbullying dan Cara Mengatasinya

Cyberbullying adalah bullying  yang terjadi dengan menggunakan teknologi digital. Biasanya, kejadian itu terjadi di media sosial, sms, games,dll.

Cyberbullying pun sudah menjadi masalah kesehatan publik. Prevalensinya terus meningkat berkali lipat sejak tahun 2007. Pada tahun 2019, sebuah studi menemukan bahwa sebanyak 59 persen remaja di Amerika Serikat pernah mengalami kejadian ini.

Kebanyakan perilaku bullying berkembang dari berbagai faktor lingkungan yang kompleks. Tidak ada faktor khusus yang menjadi penyebab munculnya bullying. Namun, berikut ini faktor-faktor penyebabnya adalah faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor kelompok sebaya. Penyebab terjadinya cyberbullying ini bisa jadi karena dendam, kemarahan atau perasaan frustasi. Ataupun karena pelaku memang tidak mempunyai pekerjaan, sedangkan berbagai fasilitas yang berbau teknologi banyak tersedia disekeliling mereka sehingga menyebabkan mereka menjadi iseng dan ingin mencari kegemparan. Atau bisa jadi, pelaku adalah orang-orang yang di kehidupan nyatanya termasuk pada golongan ‘tidak dianggap’ atau tidak punya kekuatan atau berstatus sebagai korban. Dengan melakukan cyberbullying mereka merasakan bagaimana rasanya jadi ‘orang yang berkuasa’.

Cara mengatasi Cyberbullying

Berikut adalah beberapa rekomendasi tindakan untuk para korban cyberbullying.

  • Mencari bantuan dari orang yang terdekat dan terpercaya

Ketika kamu merasa telah menjadi korban cyberbullying, sebaiknya segera melaporkan tindakan pelaku kepada orang yang kamu percayai. Misalnya saja orangtua, keluarga terdekat, ataupun teman terdekat.

  • Blokir akun sosial media pelaku

Cara mengatasi cyberbullying lainnya adalah Kamu bisa memblokir akun sosial media pelaku dan melaporkannya ke pihak sosial media tersebut.

Jadi, jika ada akun yang berkomentar buruk dan menghina kamu, jangan ragu untuk memblokir atau melaporkannya! Karena sosial media seperti instagram atau TikTok akan merespon laporan kamu dan segera menghapus postingan yang mengganggu.

  • Melapor kepada pihak berwajib

Agar cyberbullying tidak berlanjut lama, kamu bisa  juga melaporkan kepada pihak yang berwajib. Cukup kumpulkan bukti-bukti berupa screenshot komentar negatif dari pelaku atau isi chatting.

Semua pelaku cyberbullying di dunia maya akan mendapatkan sanksi sesuai hukum yang berlaku.

  • Mengaktifkan mode filter komentar

Kita bisa mencegah komentar negatif dengan cara mengaktifkan pengaturan filter komentar. Sehingga komentar yang bertujuan untuk menghina tidak akan terlihat oleh orang lain.

  • Setting sosial media menjadi privat akun

Cara mengatasi dan mencegah kasus cyberbullying adalah dengan mengatur sosial media menjadi privat akun. Pastikan akun-akun pengikut merupakan teman yang kamu kenal, seperti teman dekat atau keluarga

 

Semoga artikel ini  dapat menjadi pelajaran bagi siapapun yang aktif menggunakan sosial media.

 

Reference : https://www.google.com/amp/s/mycyberbullying.wordpress.com/2014/05/25/penyebab-cyberbullying/amp/

https://www.google.com/search?q=cyberbullying&rlz=1CDGOYI_enID940ID940&hl=en-GB&prmd=invx&sxsrf=AOaemvJ_Ggnae8Ui_WBEvJC_C2RXkaYGyQ:1640347921087&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwjSq5OZtPz0AhVY83MBHTD2DcIQ_AUoAXoECAIQAQ&biw=414&bih=724&dpr=3#imgrc=5-ndjX7qNO1xYM