Pentingnya Otomisasi Dalam Penyiaran

Bukan rahasia lagi jika pendapatan terbesar dalam dunia penyiaran terdapat dari iklan. Ada masa dimana para runner, salah satu kru dari studio, harus membawa kaset dari production house ke studio penyiaran agar sebuah iklan dapat tayang tepat waktu. Jika diingat – ingat kembali, masa – masa seperti itu tidak terlalu efektif bagi dunia penyiaran. Dunia penyiaran membutuhkan sesuatu yang efektif dan cepat sehingga mampu bersaing dengan cepatnya perkembangan dunia teknologi penyiaran masa kini. Maka dari itu, otomatisasi di dunia penyiaran.

Menurut sumber yang terdapat dari internet, automatisasi penyiaran adalah Otomatisasi siaran menggabungkan penggunaan teknologi pemrograman siaran untuk mengotomatisasi operasi penyiaran. Digunakan baik di jaringan siaran, stasiun radio atau stasiun televisi, dapat menjalankan fasilitas tanpa adanya operator manusia. Di masa pandemi seperti ini, studio – studio penyiaran menghadapi tantangan untuk menciptakan konten tanpa harus bisa hadir di studio secara fisikal.

Salah satu solusi yang sudah mulai dikerjakan di studio penyiaran adalah web – based production. Produksi berbasis website digunakan oleh para penyiar untuk mengawasi dan mengrontol semua tahap produksi mulai dari pra – produksi hingga pasca produksi. Pebble web – based monitoring digunakan oleh para penyiar karena Pebble web – based monitoring menggabungkan kontrol, pemantauan, manajemen media, dan alat konfigurasi sistem – semuanya dapat diakses melalui serangkaian widget di dasbor berbasis web yang dapat dikonfigurasi. Otomatisasi ini penting dilakukan untuk pekerjaan yang lebih efisien dan cepat. Jika setiap produksi penyiaran menerapkan otomatisasi, jadwal dan pekerjaan akan lebih fleksibel. Dengan otomatisasi, setiap kru tidak perlu datang bersamaan untuk menyelesaikan sebuah proyek, mereka hanya butuh browser untuk menyelesaikan proyek mereka secara daring. Untuk merangkum, otomatisasi lebih penting sekarang daripada sebelumnya, untuk mendistribusikan konten, iklan, dan program lainnya secara akurat dan cepat.