Pelaku UMKM Manfaatkan Platform Digital Untuk Bertahan

Sumber Foto: djkn.kemenkeu.go.id

 

Pada pandemi COVID-19 saat ini, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan menengah (UMKM) banyak yang mengalami kesulitan untuk berkembang dan mempertahankan bisnisnya, dimana pada saat ini banyak orang yang sudah lebih memilih belanja online melalui aplikasi dibandingkan belanja offline.

Director Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira pun mengakui jika pelaku UMKM mengalami kesulitan untuk bisa lebih maju lagi di karenakan salah satunya belum bisa memanfaatkan dengan baik digitalisasi. Disamping itu, masih banyak kesulitan yang dihadapi UMKM dalam memasuki digitalisasi ini salah satunya literasi digital UMKM yang masih belum merata dan kurangnya kapasitas produksi UMKM, dan juga mereka masih kesulitan untuk menerima banyak permintaan dari pasar online. Oleh sebab itu para pelaku UMKM pun harus didorong agar bisnis mereka bisa tetap bertahan dan lebih berkembang

Dengan memanfaatkan platform digital, Para pelaku UMKM dapat dengan mudah untuk menggapai target pelanggan dari mana pun dan bisnis mereka bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Tak hanya memudahkan para pelaku UMKM, tetapi juga kepada para calon pembeli yang memang berminat dengan bisnis UMKM, mereka akan lebih mudah untuk berbelanja dengan menggunakan aplikasi online.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjelaskan bahwa, digitalisasi ini terbukti membantu para pelaku UMKM untuk bisa bertahan dan berkembang di masa pandemic saat ini. Jumlah UMKM yang terhubung dengan platform digital meningkat sekitar 105%  dan menjadi 16,4 juta pelaku UMKM. Pada tahun 2024, jumlah UMKM yang akan terhubung dengan platform digital ditargetkan dapat bertambah hingga mencapai 30 juta UMKM.

Maka dari itu pelaku UMKM harus bisa memanfaatkan dengan baik dan bisa mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Sehingga, dengan cara seperti itu pelaku UMKM nantinya akan terbiasa dan akrab dengan sistem online seperti e-commerce atau aktivitas bisnis online lainnya.

Referensi

https://investor.id/business/275496/umkm-harus-manfaatkan-digitalisasi

https://www.niagahoster.co.id/blog/wp-content/uploads/2018/06/contoh-usaha-kecil-menengah-kuliner.jpg (foto)