Memperkenalkan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Pengganti Tenaga Manusia di Masa Depan

Perkembangan teknologi di seluruh dunia semakin berkembang sangat pesat. Di berbagai belahan negara dunia pun sudah banyak mencipatakan teknologi-teknologi baru terutama untuk di masa depan. Salah satu teknologi yang diciptakan yaitu Artificial Intelligence (AI), teknologi ini merupakan sistem komputer yang memiliki kecerdasan layaknya manusia. Kecerdasan buatan ini atau disebut AI, bekerja dan melaksanakan tugas seperti manusia namun menggunakan komputer. Jadi Artificial Intelligence (AI) adalah suatu teknologi dari sistem komputer yang dibuat dan dirancang oleh manusia melalui algoritma pemograman untuk mengikuti kegiatan atau tindakan dan juga pola pikir yang dimiliki manusia.

Konsep Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan ini rupanya pertama kali ditemukan saat setelah Perang Dunia ke II oleh seorang matematikawan dan filsuf bernama Alan Turing pada tahun 1947.  AI ini sendiri memiliki dua konsep, yang pertama ada Artificial Narrow Intelligence (ANI) dan yang kedua ada Artificial General Intelligence (AGI). ANI merupakan kecerdasan buatan yang bekerja jika teknologi tersebut sudah diprogram oleh sistem. Dan AGI merupakan kecerdasan buatan yang dibuat untuk bisa melakukan apa yang dilakukan oleh manusia.

Salah satu contoh teknologi AI yang pernah diperkenalkan yaitu membuat AI yang sangat menyerupai manusia yaitu seorang news anchor di Korea Selatan. Salah stasiun televisi Korea Selatan MBN, memperkenalkan teknologi bertenaga AI yang menyerupai salah satu news anchor bernama Kim Ju-Ha. Teknologi AI tersebut dikembangkan oleh perusahaan MBN dalam kemitraan dengan perusahaan khusus membuat kecerdasan buatan bernama Money Brain. News anchor yang berteknologi AI tersebut sangat mirip dengan aslinya, bahkan dari gerakan hingga suaranya pun mirip dengan Kim Ju-Ha.

Perusahaan MBN pun menjelaskan bahwa teknologi AI ini bisa dimanfaatkan dalam keadaan genting seperti saat sedang mengalami bencana alam. Perusahaan pun berharap dengan adanya teknologi AI ini bisa membantu memangkas biaya tenaga kerja dan juga suatu produksi di masa depan. Namun tak hanya itu, teknologi AI pun bisa di temukan dalam kehidupan sehari-hari seperti pengenalan ID wajah di ponsel.

Referensi

https://nagitec.com/penerapan-teknologi-ai-dalam-kehidupan/

https://lifestyle.okezone.com/read/2020/11/23/612/2314519/kantor-berita-ini-buat-news-anchor-ai-mirip-tapi-menakutkan-penonton

https://www.integrity-indonesia.com/id/blog/2018/01/04/artificial-intelligence-ai-mesin-akan-ambil-alih-proses-rekrutmen/ (foto)