LIPUTAN SEMINAR BEVE – Info Session BI – BNSD

Seminar BINUS Education Virtual Expo 2022 merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk memperkenalkan dan mempertemukan para pemangku kepentingan pendidikan dalam membangun ekosistem pendidikan di Indonesia. BINUS Education Virtual Expo akan diselenggarakan pada tanggal 27 – hingga 6 Februari 2022 secara hybrid. Info session sendiri membahas perihal program dari masing-masing kampus, BINUS INTERNATIONAL DAN BINUS NORTHUMBRIA SCHOOL OF DESIGN.

Info session ini diawali dengan video tour kampus BINUS JWC dan fX yang berada di Senayan. Di tour kampus ini kita diajak melihat Library, Computer Laboratory, Auditorium, Mini Theatre Room, Modular Class, Admissions Student Services, Lecture Services, Student Lounge, dan masih banyak lagi.

Berikutnya kita akan diberi informasi dalam bentuk video mengenai Two Degree Program 4+0 dengan University of Newcastle. Dalam video tersebut kita disambut oleh Ayupitha Tiara Silalahi selaku Deputy Head of Program – International Business. Ayupitha menjelaskan Binus University International telah bekerja sama dengan University of Newcastle sejak September 2020 yang disebut sebagai  Two-Degree Program. Program ini memperbolehkan mahasiswa dan mahasiwi BINUS University untuk memperoleh 2 gelar dari BINUS University dan University of Newcastle di bidang International Business, Business Management, dan Marketing & Finance.

BINUS University mempunyai banyak alasan melakukan kerjasama dengan University of Newcastle salah satunya karena mereka mempunyai AACSB accredited, mereka juga memperoleh ranking 200 di dunia, Top 10 Business & Commerce Program di Australia.

Athira Ali selaku Host dalam liputan seminar BEVE info session ini menjelaskan lebih lanjut mengenai keuntungan lainnya jika berkuliah di BINUS University yaitu pelajar dengan mudah melihat jadwal kuliah dan tugas, nilai-nilai, dan pengumuman lain hanya dengan mendownload aplikasi BINUS. Selanjutnya akan ada sesi sharing bersama murid-murid dan staff di breakout room, peserta dibolehkan memilih masuk breakout room sesuai dengan minat jurusan.

Di dalam breakout room akan ada presentasi lebih lanjut seputar BINUS University International  dimulai dari jurusan yang tersedia di BINUS International, fasilitas  kampus,informasi lebih dalam mengenai program 3+1 dan juga program 4+0 hingga investment fees. Setelah presentasi selesai, dilanjutkan dengan video fashion design karya mahasiswa BNSD yang disebut hanyutan, yang terinspirasi dari model dan bahan yang sudah terlupakan dan mendapatkan ide dari Nusa Tenggara. Kemudian dilanjutkan sesi sharing dengan mahasiswa yang masih kuliah aktif di BINUS International, salah satunya adalah Maura mahasiswi yang masih aktif kuliah di BINUS International program Fashion. Dalam sesi sharing ini Maura menceritakan bahwa jangan khawatir jika belum punya pengalaman di fashion design karena di BINUS akan diajarkan semua dari 0 mulai dari cara menjahit dan membuat pola. Maura juga menjelaskan perbedaan Fashion Design dan Fashion Management. Di Fashion Management mempelajari mengenai fashion dari segi business mulai dari marketing strategy, membaca tren, analysis dan juga post production bagaimana cara menjual baju agar laku di market. Tetapi jika di Fashion Design mahasiswa lebih diajarkan soal jahit dan gambar. Maura juga menjelas mengapa dia memilih BINUS salah satunya karena fasilitas dan opportunity yang didapatkan.

Sesi sharing dengan mahasiswa dilanjutkan dengan Nasma dari program Graphic Design. Nasma menjelaskan bahwa dosen di BINUS baik dan open minded, fasilitas yang diberikan pun lengkap, terlebih lagi lingkungan BINUS baik dan nyaman.

Setelah sesi sharing dengan mahasiwa dilanjutkan dengan informasi lainnya seperti cara pendaftaran untuk berkuliah di BINUS yang dijelaskan secara jelas melalui video singkat dan ditutup dengan sesi tanya jawab.