LIPUTAN ONLINE WEBINAR “INTRODUCTION TO PROGRAMMING” OLEH TIKET.COM

Binus University menggelar kegiatan webinar secara virtual bernama BINUS Education Expo 2022 atau disebut dengan BEVE. BEVE sendiri merupakan sebuah acara tahunan yang bertujuan untuk memperkenalkan dan mempertemukan para pemangku kepentingan pendidikan dalam membangun ekosistem pendidikan di Indonesia. Dalam webinar kali ini, Binus University bekerja sama dengan tiket.com dan membahas topik mengenai “Introduction to Programming” yang dibawakan oleh Fidelson Tanzil yang merupakan alumni Binus University tahun 2015 jurusan Computer Science dan saat ini beliau bekerja di perusahaan tiket.com sebagai Beckend Engineer. Fidelson menjelaskan bagaimana cara melakukan pemrograman bagi pemula, dan disini ia menjelaskan dasar-dasar yang harus diketahui untuk melakukan sebuah pemrograman.

Menurut Fidelson dalam mempelajari pemrograman perlu diketahui ada berbagai macam Bahasa pemrograman yang harus dipelajari bagi pemula, yang pertama ada Bahasa C, Bahasa Java dan Bahasa Python. Setelah mempelajari Bahasa yang sudah disebutkan, kalian bisa mulai latihan mencoba hal yang basic dari sebuah pemrograman. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh pemula untuk memulai sebuah latihan, yang pertama kalian bisa melakukan latihan secara online, saat ini sudah banyak cara atau tutorial video di Youtube untuk bisa dipelajari lebih lanjut dan dengan Youtube bisa lebih mudah untuk dipelajarinya. Yang kedua, kalian bisa melihat coding milik orang lain namun jangan menjiplak tetapi di implementasikan sendiri.. yang ketiga, mencoba untuk melakukan cara yang berbeda dengan orang lain. Yang keempat, kalian bisa mengambil online course. Yang kelima bisa melakukan open source yang dimana semua orang bisa buat dan melakukan coding. Yan terakhir kalian bisa  gabung dengan sebuah tim yang memang bisa belajar programing.

Jadi, sebagai pemula harus paham dengan cara kerja bahasa pemograman. Dan tidak perlu takut untuk belajar karena memang bahasa pemograman selalu upgrade atau pasti ada yang baru. Menurut Fideslon jika memang kalian ingin serius belajar bisa menggunakan hackerank, kattis, dan masig banyak lagi, karena dengan menggunakan aplikasi tersebut kalian bisa berdiskusi bersama orang lain tentan programing.