Kominfo Meningkatkan Transformasi Digital Pada Bidang Logistik

            Presiden Indonesia Joko Widodo, menginstruksikan kepada seluruh elemen untuk melakukan transformasi digital. Hal ini dilakukan demi menjawab perkembangan teknologi yang sangat cepat.

            Maka dari itu, Kementrian dan Informasi (Kominfo) melalui Direktor Jendral Aplikasi Informatika mengambil peran dalam meningkatkan pemanfaatan teknologi dan informasi yang salah satunya bertujuan untuk mendukung transformasi digital di sektor logistic.

            “Pemanfaatan TIK di sini yaitu dengan melakukan transformasi digital di beberapa sektor strategis yang sesuai dengan ruang lingkup dan fungsi kami. Mulai dari membangun data center, scalling up 33.000 UKM melalui teknologi digital, sampai dengan 150 startup digital aktif dan memfasilitasi startup naik kelas. Hal tersebut nantinya diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM dalam mensinkronkan aktivitas logistic sesuai dengan visi yang ingin” ungkap Wijayanto, Koordinator Inisiatif Digital Sektor Strategis, Direktorat Ekonomi Digital, Layanan Aplikasi Informatika (APTIKA), Kominfo di Medan, Kamis (3/12/2021).

            Guna mencapai tujuan tersebut, Kominfo menggandeng Ritase, sebuah solusi platform layanan logistk berbasis aplikasi mobile dan desktop yang menghubungkan antara pengirim barang dan pengantar barang. Melalui aplikasi ini, proses pengiriman yang bisa dimonitor secara langsung dan menggunakan sistem pelaporan yang detail.