Internet 5G Resmi Tersedia di Indonesia

Setelah beberapa lama akhirnya Telkomsel meresmikan jaringan 5G secara komersial di Indonesia hari ini.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan uji coba 5G pertama dilakukan pada tahun 2018 yang bertepatan dengan Asian Games. Setahun kemudian, Telkomsel mencoba mengimplementasikan 5G di Batam untuk kawasan industri. Kemudian pada tahun 2020, Telkomsel juga melakukan serangkaian uji coba 5G.

“Telkomsel berkomitmen untuk menjadi operator terdepan yang mengimplementasikan layanan ini untuk masyarakat indonesia. Kami berharap jaringan ini dapat memberikan manfaat banyak bagi masyarakat lokal,” jelasnya.

Di tahap awal, jaringan 5G sudah digelar di 26 klaster yang ada di sembilan kota, terutama di area residensial. Di Jabotabek, jaringan 5G hadir di area residensial di Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk, Pondok Indah, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengungkapkan, “Sebagai next generation dari 4G, 5G ini bisa mendukung kecepatan data sampai dengan 100 kali lipat dibandingkan 4G. Bahkan bisa sampai 20 Gbps (gigabit per second). Sementara itu dari sisi latency, 5G menawarkan ultra low latency,” kata Nugroho dalam peluncuran layanan 5G yang digelar Telkomsel, Kamis (27/5/2021).

Nugroho juga mengungkapkan, di fase awal ini, Telkomsel belum menggelar jaringan 5G yang ideal. Pasalnya ada banyak faktor yang masih membuat gerak Telkomsel menjadi terbatas. Salah satunya adalah masalah device yang sangat terbatas. Karena, Ponsel yang dapat digunakan untuk jaringan 5G Telkomsel, rentan pita frekuensinya harus frekuensi N40 (2.300-2.400 MHz)

Dengan kecepatan tinggi 5G dan keandalan yang unggul semoga ini menjadi langkah awal untuk memperluas ekosistem seluler ke ranah baru.