Fitur Baru Instagram Reels, Apakah Bisa Menyaingi Aplikasi TikTok?

Instagram selalu melakukan inovasi dan pengembangan demi tujuan yang diinginkan. Seperti yang baru saja diluncurkan oleh Instagram,yaitu Instagram Reels. Pengguna Instagram bisa memakai dan menikmati fitur ini di aplikasi Instagramnya sejak Rabu (24/06/2021).

Untuk dapat memperoleh fitur Instagram Reels ini, pengguna harus mengupdate aplikasi Instagram terlebih dahulu melalui Apps Store untuk iOS, dan Google Play Store untuk Android. Instagram Reels, banyak disebutkan memiliki fitur yang mirip dengan aplikasi TikTok. Instagram Reels itu sendiri diperkenalkan oleh Instagram pada 5 Agustus 2020 dan dimunculkan secara bertahap di seluruh dunia. Peluncuran Instagram Reels dilakukan sejak Agustus lalu saat AS kemungkinan besar melarang penggunaan TikTok

Dikutip dari Theverge, mirip dengan TikTok, Reels memungkinkan pengguna Instagram untuk membuat video pendek yang diberi musik dan dapat dibagikan ke teman, pengikut dan ditemukan saat menggunakan aplikasi.

Menggunakan Reels memungkinkan pengguna untuk merekam video hingga 15 detik dan menambahkan musik yang populer dan terdapat, berbagi filter dan efek di atasnya. Para pengguna Instagram bisa menggunakan fitur ini untuk menambah followers karena Instagram memberikan tempat tersendiri khusus Reels di aplikasinya. Fitur Reels yang sama dengan TikTok salah satunya juga pengguna bisa men-setting Reels  mereka menjadi pribadi maupun publik. Ketika men-setting Reel menjadi publik maka memungkinkan Reels Anda ditemukan secara luas.

Product Director Instagram, Robby Stein menyebut Instagram Reels dan TikTok adalah dua hal yang berbeda. “Saya pikir TikTok layak mendapatkan banyak pujian karena mempopulerkan format (video pendek) dan itu hal yang hebat,” ujar Stein. “tetapi pada akhirnya, tidak ada dua produk yang sama persis, termasuk produk kami,” kata dia.

Salah satu perbedaan terbesar Instagram Reels dengan aplikasi TikTok adalah saat ini Instagram tidak akan membayar pembuat konten populer untuk video mereke sebagaimana yang mulai ditawarkan oleh TikTok. Perbedaan lainnya, untuk saat ini Instagram Reels juga tak memungkinkan seseorang berduet dengan orang lain, seperti yang dimiliki aplikasi TiKTok yang memungkinkan orang-orang untuk berinterkasi,membangun dan meremix video.