ABC

Waspada Penyakit Demam Q Di New South Wales

Demam Q adalah penyakit yang berpotensi mematikan. Penyakit ini muncul di tempat-tempat yang tidak biasa dan korban yang tidak terduga, dan penyakit ini tidak hanya mempengaruhi petani atau orang-orang yang berurusan dengan ternak.

Secara tradisional, penyakit ini dikenal di kalangan warga yang melakukan kontak dekat dengan sapi, domba dan kambing, tetapi juga berasal dari hewan lain seperti kanguru, bandicoot, unta, anjing, dan kucing.

Demam Q dianggap sebagai "patogen yang muncul kembali dari meningkatnya kepentingan kesehatan masyarakat", menurut Departemen Kesehatan Federal Australia.

Lembaga ini juga melaporkan bahwa masyarakat yang tinggal di pinggiran kota di daerah dengan populasi satwa liar yang lebih padat, termasuk marsupial, berada dalam risiko.

Apakah kanguru adalah pelakunya?

Seorang pria warga Woolgoolga, Tony McRae, terkejut ketika mengetahui penyakit yang dia derita adalah demam Q, dan bahkan lebih terkejut lagi ketika mengetahui bahwa beberapa teman main golfnya juga telah terinfeksi.

"Saya percaya kami terkena demam Q dari lapangan golf; kami semua menghabiskan waktu di sekitar rerumputan yang berisi banyak kanguru," katanya.

"Konsekuensinya mengerikan – badan saya menggigil hebat selama 20 menit setiap kali demam itu datang, dengan keringat di malam hari dan sakit kepala yang luar biasa.

"Saya telah berobat ke tiga dokter berbeda sebelum salah satu diantaranya mengatakan saya terkena deman Q."

"Salah satu teman saya dirawat intensif selama sembilan minggu dan rumah sakit tidak tahu apa penyakitnya."

Siapa yang berisiko?

Menurut Departemen Industri Primer NSW, dari 225 kasus yang terdeteksi di NSW pada tahun 2016, 74 persen diantaranya adalah orang-orang yang bekerja dalam pekerjaan berisiko tinggi, sementara 85 persen pasien melaporkan memiliki kontak dekat dengan produk-produk hewan dan kotoran hewan.

Angka prevalensi tahunan untuk penyakit ini di negara bagian NSW bervariasi, tetapi menunjukan penurunan sejak awal 1990-an.

Ian Marsh dari Departemen Industri Primer NSW mengatakan 50 persen kasus-kasus itu terkait dengan hewan ternak atau hewan.

"Ini adalah penyakit yang membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha untuk memahaminya," kata Dr Marsh.

"Vaksin saat ini agak bermasalah dan kami sedang berusaha untuk menghasilkan vaksin yang baru, yang akan jauh lebih mudah dan lebih aman untuk diberikan kepada orang-orang."

Wakil presiden AMA NSW Danielle McMullen mengatakan ada kasus sporadis di daerah perkotaan dan masih belum jelas bagaimana itu terjadi dan mengapa beberapa orang mengembangkan gejala dan mengapa beberapa orang tidak.

"Saya pikir itu adalah sesuatu yang perlu diwaspadai orang dan dokter orang yang tinggal di daerah semi-urban," kata Dr McMullen.

Apakah kekeringan semakin memperburuk?

Otoritas Kesehatan NSW mengatakan kondisi kering dan berangin yang dirasakan di New South Wales dalam beberapa bulan terakhir menempatkan orang pada risiko tambahan tertular penyakit demam Q.

Dikatakan jumlah kasus tahunan di NSW berkisar antara 181 hingga 263 dalam lima tahun terakhir dengan angka tertinggi pada 2015, yang merupakan tahun-tahun yang kering lainnya.

Ini menyarankan orang untuk melakukan tindakan pencegahan ekstra terhadap penyakit ini selama kekeringan berlangsung.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.