ABC

Warna-Warni Mural di Lorong Seni May Lane Sydney

Para pencinta seni internasional yang mengunjungi Sydney, sebagian besar, melewati salah satu galeri paling berwarna-warni dan populer di kota ini -seringkali tanpa menyadari kehadiran karya seni tersebut.

Ini adalah galeri di mana orangutan dicat di dinding tiga tingkat, menjulang di atas penonton, di mana binatang berjenggot melompat keluar dari pintu, dan karakter kartun hampir tampak seperti nyata.

Warga Lokal Berjalan di Sepanjang Mural Berwarna-Warni di 'May Lane' Buatan Seniman Jalanan Peque VRS
Warga lokal berjalan di sepanjang mural warna-warni, buatan seniman jalanan Peque VRS, di lorong 'May Lane'.

ABC; Lisa Clarke

Warna-warna cerah disemprotkan di sepanjang jalan sempit bernama St Peters -sebuah pinggiran barat Sydney yang berjarak tiga stasiun kereta dari pusat kota - menciptakan galeri seni luar ruang unik yang khusus didedikasikan untuk seni jalanan resmi.

Lorong May Lane adalah jawaban Sydney atas Hosier Lane di Melbourne, ruang di mana seniman urban datang bersama-sama untuk menciptakan karya mereka tanpa takut dilecehkan atau diinterogasi oleh penegak hukum.

Seni Jalanan buatan 'KDC Mofor Space Monkey' menghiasi May Lane di St Peters
Seni Jalanan buatan 'KDC Mofor Space Monkey' menghiasi May Lane di St Peters.

ABC; Lisa Clarke

Keindahan seni kontemporer di galeri luar ruangan ini adalah karya yang terus berkembang, dan ada kemungkinan Anda mungkin melihat karya seni yang sama sekali berbeda dari satu minggu ke minggu lainnya.

Lorong ini telah menjadi sumber inspirasi bagi banyak pembuat film, termasuk dua film dokumenter dan film animasi tanah liat ‘Mayhem May Lane’, yang keduanya menampilkan grafiti May Lane sebagai bentuk seni kontemporer.

Mural orangutan yang terkenal di May Lane, St Peters
Mural orangutan yang terkenal di May Lane, St Peters.

ABC; Lisa Clarke

Lebih dari 15 tahun yang lalu, warga setempat, yakni Tugi Balog, menciptakan proyek seni May Lane di luar tokonya karena ada masalah dengan orang-orang yang menggambar dindingnya secara ilegal.

Ia membantu membuat lorong ini menjadi ruang yang resmi bagi para seniman untuk mengekspresikan kreativitas mereka, dan selama beberapa tahun mengadakan pameran karya seni yang dibuat pada panel besar dinamis yang ia tinggalkan bagi mereka untuk digunakan di lorong ini.

Grafiti di May Lane yang Berwarna-Warni
Grafiti di lorong May Lane, St Peters, tempat di mana seniman jalanan menampilkan karya mereka secara legal.

ABC; Lisa Clarke

Belakangan ini, Dewan Kota di wilayah barat menjalankan inisiatif yang bernama ‘Perfect Match’, bekerja sama dengan pemilik properti di pinggiran barat Sydney yang memiliki dinding kosong, dan seniman jalanan yang ingin menampilkan karya mereka di lingkungan perkotaan. Ini membantu mendorong ekspresi kreatif di saat yang sama, sekaligus mencegah grafiti yang tak diinginkan.

Setiap tahun, ada kesempatan untuk terlibat atau melihat pekerjaan yang sedang dibuat. Kunjungi situs ‘Perfect Match’ untuk keterangan lebih lanjut.

Penggemar seni jalanan mengambil foto mural di May Lane, St Peters
Penggemar seni jalanan mengambil foto mural di May Lane, St Peters.

ABC; Lisa Clarke

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu menambahkan galeri seni luar ruang ini ke daftar wajib Anda ketika mengunjungi Sydney:

•    Ini tontonan gratis!

Kartun berkarakter senyum menyambut warga lokal dan turis yang berjalan di sepanjang May Lane
Kartun berkarakter senyum menyambut warga lokal dan turis yang berjalan di sepanjang May Lane, galeri seni luar ruang jalanan di St Peters.

ABC; Lisa Clarke

•    Ini terletak tepat di sebelah stasiun kereta api St Peters, yang berarti tak ada  kesulitan untuk menemukannya dan Anda tak perlu berjalan terlalu jauh

Mural Hewan Buas Berjanggut Menutupi Jalan Masuk di May Lane
Mural hewan buas berjanggut menutupi jalan masuk di May Lane, tempat di mana warga lokal menikmati seni jalanan berwarna-warni.

•    Seniman lokal dan internasional seringkali memamerkan karya mereka di sini. Tetapi Anda tak akan tahu siapa yang 'memamerkan' sampai Anda tiba di lorong ini.

•    Anda bisa makan di lorong ini tanpa diiminta untuk meninggalkan ruang oleh penjaga keamanan. Ini adalah sesuatu yang biasanya tak bisa dilakukan di sebuah galeri tradisional

Jika Anda tak melihat ke bawah, anda mungkin melewatkan pahatan tong 'wine' di May Lane, St Peters
Jika Anda tak melihat ke bawah, anda mungkin melewatkan pahatan tong minuman anggur di May Lane, St Peters.

ABC; Lisa Clarke

• Anda tak harus bersaing dengan ratusan pencinta seni lainnya untuk mengagumi pesta visual ini. Sebagian besar, Anda akan memiliki seluruh lorong ini untuk diri anda sendiri.

Hanya ingatlah untuk tetap aman selama berada di lorong dan selalu memerhatikan lalu lintas. Ini adalah jalan umum di mana mobil berseliweran. Tak seorang pun ingin terlibat kecelakaan saat melihat karya seni.

Seorang perempuan memandang seni jalanan berwarna-warni ini saat melewati May Lane di St Peters
Seorang perempuan memandang seni jalanan berwarna-warni ini saat melewati May Lane di St Peters.

ABC; Lisa Clarke

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterjemahkan: 13:10 WIB 01/08/2016 oleh Nurina Savitri.