ABC

Warga Muda Vietnam Tidak Tahu Soal Long Tan

Di saat Australia memperingati 50 tahun sejak pertempuran Long Tan, bagi banyak migran Vietnam yang sekarang tinggal di Australia, peringatan ini menimbulkan berbagai perasaan. Sementara generasi tua masih dengan jelas mengingat Perang Vietnam, bagi generasi lebih muda, perang itu sering dilihat dengan perspektif berbeda.

Ini adalah pertempuran yang menjadi pelajaran sejarah bagi sekolah di Australia, dan sering digambarkan sebagai kemenangan yang tidak terduga.

Namun bagi warga Australia yang dibesarkan di Vietnam selama perang, pertempuran di Long Tan dan bahkan keterlibatan Australia semasa perang, tidak sering dibicarakan atau bahkan diketahui.

Dr Cuong La adalah seorang dokter di Melbourne yang pertama kali tiba di Australia di tahun 2008 dengan visa pelajar. Dr La lahir setahun sebelum perang berakhir dan tidak pernah mendengar Long Tan sebelum dia tiba di Australia. Dibesarkan di Vietnam, dia hanya diajari satu sisi cerita saja dari konflik ini.

"Kami jarang sekali diberitahu mengenai kekalahan mereka dalam beberapa pertempuran." kata Dr La merujuk kepada Front Pembebasan Nasional Vietnam.

“Ini yang kemudian membentuk pemahaman dan cara mereka melihat perang."

“Saya kira Long Tan bisa menyeimbangkan pandangan yang saya miliki dari masa lalu."

- Dr Cuong La

Dr La dan istrinya kehilangan anggota keluarga karena perang. Dia mengatakan ini membuatnya berada dalam posisi membingungkan ketika dia menjadi warga negara Australia.

“Saya merasa saya memiliki kewajiban untuk belajar negara baru saya ini." kata Dr La.

"Ketika kami membicarakan mengenai perang di negara saya, ini adalah mengenai pembunuhan ratusan ribu orang."

“Ini membuat saya dalam posisi mendua, apakah saya harus merayakan jatuhnya korban di kalangan keluarga, atau haruskah saya setuju dengan apa yang diperingati di Australia."

Anda bisa mengikuti cerita lebih banyak mengenai Long Tan dari sisi pendapat warga muda migran Vietnam yang sekarang tinggal di Australia, dalam

Skip YouTube Video

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

YOUTUBE: Video LongTan

Upacara peringatan mengenang 50 tahun pertempuran Long Tan akan dilakukan di berbagai tempat di Australia dan Vietnam hari Kamis 18 Agustus 2016.

Australia Plus TV juga akan menyiarkan Canberra Long Tan Memorial Service pukul 14.30 WIB tanggal 8 18 Agustus.