ABC

Warga Australia Koleksi Ratusan TV dan Radio Antik

Meski mengaku tidak suka nonton TV, namun Toby Croce, seorang warga di  Queensland, Australia, memiliki koleksi puluhan TV dan radio antik.

"Saya tidak suka menonton TV, sekali duduk pasti kita malas untuk bergerak, padahal saya suka menyibukkan diri," kata Toby Croce.

Menonton TV memang tidak pernah masuk dalam daftar kegiatan favorit Toby Crace, namun warga dari Pesisir Pantai Sunshine, Queensland ini tergila-gila dengan ini beragam TV jadul yang antik, dan banyak dari koleksi TV kuno miliknya sudah tidak bisa lagi dioperasikan.

Toby Croce sedang menyetel TV model Manhattan buatan circa tahun 1958-1960.

"Bagi saya yang penting saya bisa menndapatkan dan mengoleksi TV antik dan tidak selalu penting TV itu bisa berfungsi atau tidak," ujarnya.

"Saya pernah memiliki sampai 80 buah TV tapi kemudian sebagian besar TV antik itu sudah saya jual dan sekarang saya berkonsentrasi mengoleksi model TV antik yang berasal dari tahun 1956 dan 1958. TV ini sangat langka dan sulit mendapatkannya, padahal kebanyakan dari TV-TV itu diproduksi di Sydney dan Melbourne dan pernah sangat populer di sini," katanya.

Sebagian koleksi TV antik di bengkel Toby Croce

Minat Croce pada benda elektronik antik tidak hanya pada TV saja.

"Koleksi TV saya berasal dari banyak tempat, ada yang saya beli lewat ebay dan Gumtree, sehingga saya harus pergi jauh menjemputnya dan sering juga ketika saya datang membeli TV anti ada warga yang memberi tahu kalau mereka juga punya radio antik, jadi dengan begitu saya juga tertarik mengoleksi radio vintage," katanya.

Namun dengan koleksi radio antik dia tidak terlalu terpaut pada periode tertentu, karenanya koleksi radio antiknya berasal dari beberapa dekade. Koleksi radio tertua miliknya berasal dari tahun 1920 hingga 1970.

Koleksi radio antiknya sekarang sudah mencapai 350 buah, namun TV tetap menjadi favoritnya.

"Jarang ada orang yang mau mengoleksi TV antik kebanyakan karena ukuran TV besar ketimbang radio. saya termasuk kolektor TV antik terbesar di Queensland dan orang cukup tercengang ketika mengetahui saya baru mengoleksinya sekitar empat tahun saja," jelasnya.

Croce sendiri mengaku secara kebetulan jatuh cinta dengan tv antik pertama yang dilihatnya.

"Suatu hari saya melihat ada 14 TV antik dijual di eBay dan saya memborong semuanya, begitulah awal kegemaran saya mengoleksi TV antik," kata Croce.

Beberapa radio antik model art deco koleksi Toby.

Namun, Croce memang sangat menyukai benda-benda elektronik dan empat tahun lalu juga dia memutuskan berhenti dari pekerjaannya sebagai tukang roti agar bisa berkonsentrasi pada gairah seumur hidupnya pada benda elektronik.

"Semuanya berawal ketika saya masih bersekolah di St George dan kepala sekolah biasa memberikan saya komputer untuk dipisahkan dan mengutak atik komputer itu. Ketika saya berhenti menjadi tukang roti saya mulai memasang stereo mobil sebagai mata pencaharian dan seiring jalan saya belajar untuk memperbaikin TV."

Dan memperbaiki TV dan radio kuno merupakan hal yang sangat dia sukai.

Toby Croce menyortir kotak dikelilingi tv dan radio antik yang sudah dikoleksinya selama 4 tahun terakhir.

Bagi saya ini soal gairah, jadi jika ada yang memiliki TV lama atau radio yang membutuhkan perbaikan, saya senang bisa melakukannya dan membuatnya tampak hebat lagi.

Dia mencintai koleksinya, tapi senang melepaskan beberapa dari lokasinya untuk sesuatu yang lebih penting - membantu membayar untuk perawatan bayi tabung atau IVF isterinya.

"Putri kami sekarang berusia lima bulan dan kami sangat mencintainya, dan siap berkorban apa saja untuknya," katanya.

TV Helm Antariksa Videosphere buatan JVC yang diproduksi tahun 1970 dan dijual hingga tahun 1980.