ABC

Wanita Australia Divonis 6 Tahun Dalam Kasus Kokain di Kolombia

Wanita Australia Cassie Sainsbury dijatuhi vonis 6 tahun penjara oleh pengadilan di Kolombia dalam kasus penyelundupan kokain.

Wanita berusia 22 tahun asal Adelaide itu ditangkap awal tahun ini bersama barang bukti sekitar 6 kg kokain yang disembunyikan di dalam 18 headphone di Bandara Bogota.

Tadinya dia terancam 21 tahun penjara namun hakim pengadilan menguranginya menjadi 6 tahun setelah terdakwa mengakui perbuatannya.

Pengacara terdakwa, Orlando Herran, menjelaskan kliennya mungkin saja menjalani masa hukuman lebih singkat, sekitar tiga tahun, jika berkelakuan baik dalam tahanan.

"Untuk mendapatkan kebebasan buat Cassandra akan perlu tiga tahun," jelas Herran.

"Tiga tahun karena hal itu dimungkinkan... berkelakuan baik dalam penjara, belajar dan studi dalam penjara," tambahnya.

Sainsbury mengabaikan wartawan saat turun dari bus penjara di luar gedung pengadilan Bogota.

Dia didampingi keluarganya saat hakim memutuskan menerima kesepakatan yang dicapai antara jaksa dan terdakwa. Dia juga harus membayar denda hampir 100 ribu dollar AS.

Masalah kurir narkoba

Sainsbury ditangkap pada bulan April di bandara internasional El Dorado setelah mesin X-ray mendeteksi kokain yang tersembunyi di 18 paket yang tersimpan dalam kopernya. Sejak itu ditahan di penjara wanita El Buen Pastor.

Dalam wawancara dengan program 60 Minutes stasiun TV Nine Network September lalu, Sainsbury mengaku bahwa dia merasa menerima pekerjaan sebagai kurir legal untuk membawa dokumen dengan bayaran $ 10.000 plus penerbangan.

"Saya memiliki tagihan besar. Saya mengambil risiko," katanya.

Menurut dia, rencana tersebut kemudian berubah dan dia pun dikirim ke Kolombia. Lalu, katanya, "dalang" yang hanya dikenal sebagai Angelo mengancam akan membunuh ibu, saudara perempuan dan tunangannya jika dia tidak membawa narkoba milik Angelo.

Penangkapannya menarik perhatian di Australia dan kembali menggarisbawahi masalah kurir orang asing yang beroperasi di Kolombia, produsen kokain terbesar di dunia.

Menurut National Penitentiary Prison Institute Kolombia, 880 orang asing ditahan di berbagai penjara di negara itu. Kebanyakan dari mereka menjalani hukuman karena penyelundupan narkoba.

Sensus 2017 di negara tersebut menyebutkan kebanyakan penyelundup ini berasal dari Venezuela, Ekuador dan Meksiko.

Menurut Satuan Anti Narkotika Kepolisian Kolombia, tahun ini saja ada beberapa penangkapan dalam kasus percobaan penyelundupan narkoba keluar dari Kolombia.

Terancam risiko hukuman puluhan tahun penjara, pengacara Sainsbury sebelumnya telah mengajukan tawaran kesepakatan dengan jaksa pada bulan Juli. Namun hakim waktu itu mengatakan tidak dapat menyetujui kesepakatan tersebut.

Bulan lalu, Channel Nine melaporkan bahwa kesepakatan hukuman penjara enam tahun telah dicapai dan disepakati antara jaksa penuntut dan pihak terdakwa.

El Buen Pastor (The Good Shepherd) Women's prison in Bogota.
Lembaga Pemasyarakatan (LP) khusus wanita El Buen Pastor di Bogota.

Flickr CC: District Women's Secretariat

AP/ABC

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.