ABC

Wahana Zipline akan Dibangun Di Brisbane

Pembangunan wahana meluncur diatas tali besi di udara atau Zipline terpanjang di Australia telah disetujui untuk Kota Brisbane, Queensland. Wahana ini akan  memberi kesempatan bagi para pencari sensasi untuk meluncur dengan cepat melalui puncak pepohonan sejauh 1.500 meter.

Walikota Brisbane, Graham Quirk mengatakan pembangunan wahana zipline ini, bersamaan dengan "megazip" sepanjang 1.400 meter yang memiliki enam garis sejajar, akan dimulai di Mount Coot-tha, di barat Brisbane, pada tahun baru mendatang dan dibuka pada tahun 2019.

Jalur wahana zipline, yang akan dibangun oleh perusahaan yang berbasis di Brisbane Zipline Australia, akan dimulai di puncak Gunung Coot-tha dan berputar-putar melalui hutan yang akan berakhir di area rekreasi JC Slaughter Falls.

Walikota Graham Quirk mengatakan bahwa "megazip" sepanjang 1.400 meter yang ukurannya lebih pendek akan memungkinkan para petualang menaiki wahana ini secara berdampingan saat melihat-lihat pemandangan pusat kota Brisbane hingga sejauh 65 kilometer per jam.

Wahana megazip ini akan dimulai di pos pemantauan di Gunung Coot-tha dan selesai di Kebun Raya di Toowong.

Rencana pembangunan wahana Zipline di Brisbane
Peta yang menunjukan rute wahana Zipline yang akan dibangun di Brisbane. Ini akan menjadi wahana permainan berseluncur di seutas tali di udara yang paling panjang di Australia.

Supplied: Brisbane City Council

Juru bicara Zipline Australia, Matthew Thompson mengatakan bahwa proyek tersebut akan menjadi wahana meluncur vertikal terpanjang dan tertinggi di Australia.

Dia mengatakan teknologi yang digunakan sebelumnya belum pernah dijumpai di Australia.

"Ini benar-benar membawa wahana ini ke tingkat yang lain," kata Thompson.

Walikota Graham Quirk mengatakan, Dewan Kota Brisbane akan menyumbangkan $ 1 juta (Rp10 miliar) untuk proyek tersebut, yang juga akan didanai melalui sektor swasta.

"Perusahaan swasta ini juga akan membangun jalur pejalan kaki berupa jembatan gantung yang menegangkan di Belahan Bumi Selatan – yakni jalur untuk berjalan sejauh 300 meter melalui puncak pohon di atas Air Terjun JC," kata walikota Graham Quirk.

wahana Zipline di Brisbane
Teknologi yang digunakan untuk proyek pembangunan wahana Zipline di Brisbane ini belum pernah digunakan sebelumnya di Australia.

Supplied: Brisbane City Council

Proyek ini telah disebut-sebut selama beberapa tahun dan dijanjikan oleh Walikota sebelum pemilihannya kembali pada tahun 2016.

Perusahaan belum memutuskan biaya per perjalanan.

Sebuah bus shuttle akan membawa pengunjung dari bawah perjalanan wahana ini untuk kembali ke puncak.

Walikota Graham Quirk menyambut baik suntikan dana di sektor pariwisata yang akan diciptakan oleh kehadiran wahana zipline, tapi ia tidak mau berjanji untuk menaiki wahana tersebut.

"Saya bukan orang yang senang dengan ketinggian - saat itulah kekuatan pendelegasian tugas akan dimainkan," katanya.

Dewan Pemerintah Brisbane mengatakan pembangunan wahana ini tidak perlu melalui analisis dampak lingkungan secara keseluruhan namun lingkungan sekitarnya akan diperlakukan secara "sensitif".

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.