ABC

Wabah Flu Merebak, Australia Akan Wajibkan Vaksinasi Flu

Vaksinasi flu akan segera diwajibkan bagi pekerja di rumah perawatan warga lansia, menyusul wabah mematikan dari virus flu di sejumlah fasilitas ini di seluruh Australia.

Tercatat tujuh orang telah meninggal dunia akibat wabah flu yang terjadi di sebuah desa pensiunan di Victoria, sementara enam lainnya meninggal di panti asuhan di Tasmania.
Saat ini tidak ada persyaratan hukum bagi pekerja perawatan warga lanjut usia atau panti jompo untuk melakukan vaksinasi flu, namun Menteri Kesehatan Federal, Greg Hunt mengatakan dirinya ingin mengubah hal tersebut.

"Ini adalah isu yang muncul - ini tidak pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah Australia."

Kepala petugas medis, Brendan Murphy telah diminta oleh Pemerintah Federal untuk menyelidiki bagaimana menjadikan vaksinasi flu sebagai hal yang wajib dilakukan dan apakah penerapannya memerlukan undang-undang khusus.
"Kepala petugas medis akan bekerja dengan badan perawatan warga lanjut usia dan juga industri perawatan lansia, tapi kami telah melihat adanya permintaan dan dukungan yang luar biasa dari sektor ini untuk inisiatif ini," kata Hunt.
'Pasien memiliki hak untuk menolak'
Petugas Medis Australia, Lorraine Baker mengatakan vaksinasi wajib akan menjadi kebijakan yang sulit untuk direalisasikan.

Pasien berhak tolak vaksinasi

vaksinasi flu
Banyak warga meragukan perlu tidaknya vaksinasi flu.

ISTOCKPHOTO: SARITWUTTISAN


"Saya seorang dokter umum, saya pergi ke panti jompo, saya memiliki pasien yang menolak memiliki vaksin flu ... padahal faktanya salah seorang dari mereka memang terkena flu."

Menteri Federal untuk Perawatan Lansia, Ken Wyatt, mengatakan bahwa kasus kematian yang terjadi fasilitas perawatan warga usia lanjut ini menjadi perhatian, terutama saat penyebabnya adalah influenza.
"Saya akan mendorong orang-orang untuk mendapatkan vaksinasi atau suntikan flu, terutama jika Anda bekerja di tempat dengan orang-orang yang rentan," katanya.
"Saya meminta orang untuk memberi pertimbangan serius untuk menjauh atau mengenakan masker."
Greg Hunt mengatakan bahwa dirinya menginginkan vaksinasi wajib ini sudah bisa terlaksana pada musim flu tahun depan.

Diterjemahkan pada 3/9/2017 oleh Iffah Nur Arifah dari artikel Bahasa Inggris disini.