ABC

Victoria Jadi Tempat dengan Sampah Paling Sedikit di Australia

Negara Bagian Victoria memiliki jumlah sampah paling sedikit di Australia, menurut survei nasional yang dilakukan sekelompok pemerhati lingkungan. Inisiatif warga dalam memantau siapa yang membuang sampah sembarangan menjadi alasan mengapa sampah menjadi sedikit di negara bagian ini.

Di Victoria tercatat terdapat 28 sampah per 1.000 meter persegi. Jumlah ini hampir setengah dari rata-rata sampah yang ada di Asutralia.

Hasil ini dikeluarkan oleh penelitian yang dilakukan oleh organisasi pemerhati lingkungan Australia, Keep Australia Beautiful.

Wilayah Ibukota Australia, atau ACT, menduduki posisi kedua dengan 40 sampah per 1.000 meter persegi, diikuti Australia Selatan dengan nilai 46.

Sementara itu negara bagian paling banyak sampahnya adalah Queensland dengan jumlah 71 sampah setiap 1000 meter persegi.

Peter McLean dari Keep Australia Beautiful mengatakan Victoria memang memiliki sejarah panjang untuk mengatasi masalah sampah, yang dilakukan bersama-sama antara pemerintah, masyarakat, dan pelaku bisnis.

Menurutnya, Victoria juga menjadi negara bagian pertama di Australia yang memperkenalkan inisiatif penegakan kebersihan oleh warganya sendiri, sekitar 15 tahun lalu.

Melalui inisiatif ini, warganya diperbolehkan untuk melapor jika melihat ada orang yang mengotori atau membuang sampah sembarang. Pemberitahuan pelanggaran juga dikeluarkan pada pelaporan itu.

"Jadi yang pasti, ada ribuan mata di luar sana yang sedang memantau masalah sampah di komunitas mereka sendiri," jelas Mc Lean.

Menteri Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim Negara Bagian Victoria, Ryan Smith, investasi pemerintah untuk infrastruktur limbah dan daur ulang telah tergantikan.

"Pemerintah Koalisi telah berinvestasi lebih dari 60 miliar rupiah untuk strategi pencegahan sampah dan telah menaruh lebih dari seribu tempat sampah daur ulang baru di tempat-tempat umum di seluruh Victoria," kata Smith.

Menurut McLean, survei dihitung dari jumlah dan volume sampah, dan negara bagian Victoria terhitung baik dari dua indikator tersebut.

Survei dua tahunan yang dilakukan Keep Australia Beautiful menhitung sampah dari 983 lokasi di seluruh Australia.

Jumlah sampah yang tercatat di seluruh negeri mulai berkurang dalam sembilan tahun terakhir sejak survei dimulai.

Dari rata-rata 70 sampah di tahun 2005/06 menjadi 51 tahun pada tahun 2014.

"Kami mulai mendapat pemahaman yang baik soal dimana sampah yang meningkat dan mana yang tidak," jelas McLean. "Sekarang kita dapat melihat  jenis lokasi tertentu di Australia dan memahami strategi apa yang perlu diterapkan dalam penanggulangan masalah sampah di lokasi tersebut."