ABC

Usia 71 Tahun, Kakek ini Bersiap Ikut Lomba Marathon ke-5 tahun ini

Pada usia yang kebanyakan orang sudah mulai lambat bergerak, Liam Hanna, 71, justru tengah bersiap untuk mengikuti kejuaraan marathon yang ke-5 kali nya sepanjang tahun 2015 ini.

Liam Hanna merupakan satu dari 8 ribu atlet yang akan ambil bagian dalam event olahraga utama dan terbesar dalam lansekap olahraga di Australia – Australian Masters Games ke-15 – yang akan diselenggarakandi Kota Adelaide, Australia Selatan selama satu pekan mendatang.
 
Hanna memulai kalender kejuaraan marathonnya pada tahun 2015 ini dengan mengikuti kejuaraan marathon di London pada April kemarin,  diikuti dengan kejuaraan marathon Master Championships di Lyon,  Agustus lalu sebelum akhirnya pulang ke rumah untuk mengikuti marathon di Adelaide yang
menempuh jarak dari Pusat Kota Adelaide hingga ke pantai.
 
Liam Hanna saat ini tengah mempersiapkan diri untuk berlaga dalam 3 pertandingan olahraga di event kejuaraan Australian Masters Games besok. Yakni cabang olahraga lari 5000 meter dan nomor setengah marathon. Lian Hanna mengakui ini benar-benar tahun yang sangat sibuk baginya.
 
"Di Lyon selama mengikuti kejuaraan marathon internasional saya meraih emas pada kategori tim cross country dan medali perunggu untuk nomor perseorangan 10.000 meter,” katanya.
 
Liam Hanna mengaku pertama kali mengikuti kejuaraan marathon pada tahun 1980 dan sejak saat itu Ia tidak pernah berhenti menekuni olahraga lari.
 
"Saya berusaha memotivasi orang lain. Kalau masih ada kehidupan yang panjang setelah berusia 50 tahun, dan kesehatan Anda tetap akan baik jika berolahraga, sedikit makan dan lebih banyak bergerak,” katanya.
 
"Saya selalu meningkatkan kegiatan berlari saya, tahun demi tahun,” tuturnya.
 
"Dan kegiatan ini akan membantu tubuh kita. Lari menjaga mood kita tetap positif dan membuat Anda tetap aktif dan saya tidak stress...saya tidak kenal apa itu stress,” ungkapnya gembira.
 
Kecintaannya pada kebugaran sebagian besar mungkin karena faktor keturunan, mengingat baik ayah maupun saudara laki-lakinya juga merupakan atlet sukses semasa hidupnya.
 
Meski demikian, Liam Hanna mengatakan dia memiliki senjata rahasia untuk mengatasi rasa sakit – yakni alter egonya yang dia sebut 'Zendomorph Star Child'.
 
Zen adalah kekuatan pikiran dan endomorfin adalah hormone yang memberikan Anda semangat alami sementara Star Child atau Bintang Anak adalah tokoh dalam novel fiksi sains karya Novelis Arthur Clarke tahun 2001, "katanya.
 
Hanna mengatakan julukan ‘Star Child’ itu bahkan dicetaknya di kaus singlet yang Ia kenakan ketika lari, dan itu membantu dia berhasil melewati garis finis.
 
"Ketika saya merasa hampir putus asa kelelahan di kilometer ke-39, saya akan menyambungkan kekuatan saya pada energy kosmos dan itu akan membuat kaki-kaki saya kembali berlari,”
 
Setelah melewati 6 bulan yang sibuk dengan jadwal kejuarana marathonnya, Hanna akan mengambil rehat sebentar setelah mengikuti Marathon internasional di Adelaide, sebelum kembali mempersiapkan diri dengan jadwal latihan untuk marathon London berikutnya.
 
Kejuaraan Australian Masters Games ake-15 akan berlangsung hingga Sabtu mendatang, dan diramaikan oleh 49 pertandingan olahraga yang digelar sejumlah lokasi di seluruh Adelaide.