ABC

Usaha Industri Minuman Australia Kurangi Kadar Gula Dapat Dukungan

Sebuah wacana kebijakan baru yang didukung pemerintah untuk mengurangi kadar gula dalam industri minuman ringan merupakan upaya untuk menghindari perubahan nyata, menurut sejumlah dokter di Australia.

Dewan Minuman Australia, yang merupakan badan induk industri minuman non-alkohol,hari Senin (25/6/2018) mengumumkan komitmen untuk mengurangi penggunaan gula oleh industri mereka sebesar 20 persen pada tahun 2025, dalam sebuah langkah yang didukung oleh Koalisi.

Namun, komitmen itu akan menjadi rata-rata di portofolio industri mereka, yang berarti sebuah perusahaan dapat mengurangi penggunaan kadar gulanya hanya dengan memproduksi minuman ringan atau air minum kemasan dengan kilojoule yang lebih rendah.

Tidak ada jaminan dalam komitmen tersebut kalau setiap produk minuman ringan individual akan juga diwajibkan untuk mengurangi kandungan gulanya.

Asosasi Medis Australia (AMA) telah menjadi garda terdepan dalam desakan kepada Pemerintah untuk mencegah konsumsi minuman manis dengan memberlakukan pajak pada produk tersebut.

Ahli gizi Matt O'Neill
Ada 28 negara di dunia yang sudah menerapkan pajak gula pemanis minuman dan Asosiasi Dokter Australia (AMA) ingin Australia bergabung dalam daftar itu.

ABC News

Presiden AMA Tony Bartone mengatakan industri minuman ringan mencoba mengalihkan perhatian dari desakan tersebut.

"Ini adalah upaya untuk mencoba dan mungkin membuat isu dalam hal menciptakan ... pengalihan dari masalah yang sebenarnya," kata Dr Bartone.

"Masyarakat Australia terlalu banyak mengonsumsi gula dalam minuman ringan, dan terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda.

"Pajak gula akan mengatasi masalah ini dengan mencoba mengurangi masalah, yang merupakan inti masalah."

Namun Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt mengatakan industri itu mengatur dirinya sendiri.

"Sebagai sebuah negara, kami dapat membantu mengatasi epidemi obesitas melalui praktik industri, melalui partisipasi, dan dengan dukungan pemerintah," katanya.

"Jika Anda dapat bekerja dengan industri dan mendapatkan hasil yang Seperti ini, Anda mendapatkan persis hasil yang kita semua inginkan. Produk sehat, anak-anak sehat, dan orang dewasa sehat"

Greg Hunt menepis saran langkah itu adalah upaya untuk menenangkan para pendukung pajak gula.

"Itu bukan sesuatu yang kita sudah didukung, saya tahu ada orang lain yang mengambil pendekatan itu, entah itu di Negara Lain, [atau Orang] WHO menganjurkan kebijakan itu diterapkan di sini, tapi kami tidak ingin melihat harga bahan makanan naik."

"Kami ingin melihat biaya hidup terus mengalami tekanan atas kebijakan ini, "kata Hunt.

Tidak ada hubungannya dengan pajak gula

Baik Partai Koalisi yang sedang memerintah dan pihak oposisi Partai Buruh sebelumnya mengatakan mereka tidak akan mendukung pajak gula, sementara Partai Hijau telah mengusulkan untuk menaikkan harga minuman manis.

Pajak minuman bergula, yang beroperasi di beberapa negara termasuk Inggris dan Perancis, akan meningkatkan harga minuman dalam upaya untuk mencegah tingkat konsumsinya.

Namun Geoff Parker dari Dewan Minuman Australia mengatakan pengaturan diri adalah pilihan yang jauh lebih baik.

Direktur Dewan Minuman Australia Geoff Parker dan Menteri Kesehatan Greg Hunt
Direktur Dewan Minuman Australia Geoff Parker mengumumkan keputusan industri di Parlemen didampingin Menteri Kesehatan Greg Hunt.

ABC News: Nick Haggarty

"Ini tidak ada hubungannya dengan pajak gula - kedua partai politik besar telah menolak pajak gula," kata Geoff Parker.

"Tidak ada bukti yang dapat dilihat dari mana pun di dunia bahwa pajak semacam itu berdampak pada kesehatan masyarakat.

"Konsumen dan rumah tangga tidak ingin pemerintah memberatkan anggaran belanja mereka, mereka tidak ingin pemerintah mengatur lemari es mereka dan tentu saja mereka juga tidak ingin pemerintah membebani dapur mereka."

"Pengumuman ini mengukuhkan apa yang industri minuman ringan telah lakukan selama sekitar dua dekade"

Namun, Dr. Bartone mengemukakan kekhawatiran lebih lanjut tentang skema tersebut, di mana sebuah perusahaan dapat mengurangi penggunaan gula dengan memproduksi lebih banyak minuman ringan diet.

"Minuman ringan diet sebenarnya menciptakan lebih banyak ketidakstabilan jika berkaitan dengan manajemen rasa lapar dan nafsu makan, dan dalam hal asupan harian rata-rata Jumlah yang tepat dari makanan," kataku.

"[Mereka] sebenarnya memiliki sejumlah efek kesehatan yang tidak diinginkan, termasuk pada gigi Anda, jadi penting untuk mencoba menggunakan air sebagai minuman standar kami, daripada beralih ke minuman manis pseudo."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.