ABC

Upah Minimum Australia Naik Jadi $719,2 Per Minggu

Lebih dari 2 juta pekerja di Australia akan menerima kenaikan gaji setelah Fair Work Commission meningkatkan upah minimum nasional sebesar 3,5 persen, menjadi $ 719,20 seminggu.

Kenaikan itu sebesar $ 24,30 untuk 38 jam kerja per minggu. Upah minimum per jam yang baru $ 18,93 akan berlaku mulai 1 Juli.

Dewan Serikat Pekerja Australia menginginkan kenaikan $ 50 per minggu, dengan alasan itu akan membantu warga Australia yang kesulitan akibat meningkatnya biaya hidup.

Tetapi komisi memutuskan peningkatan sebesar itu akan berisiko mengurangi kesempatan kerja bagi pekerja berketerampilan rendah dan kaum muda.

"Efek merugikan seperti itu akan berdampak pada kelompok yang terpinggirkan di pasar tenaga kerja serta rumah tangga yang rentan terhadap kemiskinan karena kehilangan pekerjaan," kata Ketua Komisi Iain Ross.

Ross mengatakan indikator ekonomi menunjukkan sehatnya perekonomian nasional dan pasar tenaga kerja.

"Kondisi semacam itu tepat untuk memberikan kenaikan upah kepada pekerja yang upahnya ditentukan oleh upah minimum nasional atau oleh penghargaan modern," katanya.

Barista membuat kopi.
Perubahan aturan upah minimun berdampak pada 2 juta pekerja.

unsplash.com

"Kami berpandangan bahwa kenaikan upah minimum yang kecil dan reguler tidak menghasilkan efek pengangguran atau menghambat partisipasi angkatan kerja," katanya.

Kelompok Industri Australia mendorong kenaikan gaji sebesar $ 12,50.

Positif untuk ekonomi Australia

Menteri Tempat Kerja Craig Laundy mengatakan, keputusan komisi itu telah dipertimbangkan dengan hati-hati dan seimbang.

Sekretaris Australian Council of Trade Unions (ACTU) Sally McManus mengatakan, kenaikan ini sudah tepat namun serikat pekerja menginginkan upah minimum ditetapkan 60 persen dari upah median.

"Kita harus mengubah aturan tentang upah minimum," katanya kepada anggota serikat pekerja yang berkumpul di luar kantor pusat komisi di Melbourne.

"Orang telah dipaksa menjadi miskin karena kekurangan upah ini seharusnya tidak harus menunggu setiap tahun untuk melihat apakah mereka akan diselamatkan oleh Komisi Keadilan Kerja.

"Upah minimum harus diatur untuk mengimbangi upah."

SDA, serikat pekerja yang mewakili pekerja ritel dan makanan cepat saji, mengatakan peningkatan itu adalah "suntikan positif untuk ekonomi Australia yang sangat dibutuhkan".

Juru bicara hubungan kerja dari Partai Hijau (Greens), Adam Bandt mengatakan keputusan itu akan tetap meninggalkan banyak pekerja penuh waktu yang hidup dalam kemiskinan.

"Sampai kita mengabadikan hukum upah minimum di atas tingkat kemiskinan, ketidaksetaraan akan terus tumbuh di Australia," katanya.

Iain Ross mengatakan kenaikan yang ditetapkan oleh komisi itu "tidak akan menyebabkan tekanan inflasi yang tidak semestinya dan sangat tidak mungkin memiliki dampak negatif yang terukur terhadap pekerjaan".

Dia mengatakan nilai riil upah minimum nasional telah meningkat 5,8 persen selama dekade terakhir dan 4,3 persen dalam lima tahun terakhir.

"Namun, ini tidak menghasilkan perbaikan pada standar kehidupan aktual atau relatif untuk banyak kategori upah minimum nasional dan rumah tangga yang bergantung pada penghargaan karena perubahan dalam sistem pajak dan transfer," katanya.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.