ABC

Universitas Deakin Rampung Kembangkan Pil Olahraga

Ilmuwan Australia telah rampung mengembangkan ‘pil olahraga’ yang dapat meniru manfaat kesehatan dari kegiatan fisik yang sesungguhnya.

Para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Deakin berhasil mengindentifikasi obat yang bisa membuat respon tubuh sebagaimana tubuh sehabis melakukan olahraga fisik.

Associate Professor Sean McGee kepada ABC mengatakan temuan ini membuka kemungkinan pengobatan bagi mereka yang menderita penyakit jantung, terutama mereka yang menderita diabetes dan juga obesitas.
"Obat ini tidak membuat bobot tubuh anda turun,” kata Professor McGee.
"Tapi anda tentu saja akan secara metabolisme lebih sehat.”
Awalnya, tim ini mulai menyelidiki bagaimana otot merespon ketika berolahraga.

Kami sangat tertarik memahami bagaimana hal ini terjadi di tingkat molekul, dan kemudian kami mengidentifikasi obat yang pada intinya bisa melakukan hal yang sama dengan kegiatan olahraga.”
Obat ini bekerja dengan menjaga gen tertentu, yang memungkinkan meningkatnya pembakaran lemak sepanjang waktu selama kegiatan olahraga dilakukan.”
Sukses pada tikus percobaan
Menurut Professor McGee, obat ini sukses memproduksi hasil yang meyakinkan pada tikus yang memiliki gangguan pada jantung karena berat badan mereka.
"ketika kami member obat ini kepada tiku spercobaan selama periode sekitar satu bulan. Mereka mulai menunjukan kinerja yang lebih baik pada tes latihan di treadmill.

Namun demikian, obat-obatan ini tidak membuat tikus mengurangi makannya.
"Tikus percobaan kami justru makan sedikit lebih banyak, sehingga berat tubuhnya tetap stabil tapi secara metabolisme mereka terlihat lebih sehat,”
Dalam hal stamina mereka mereka tampak seperti mereka telah melakukan latihan olahraga."
Tim saat ini sedang mendesain ulang obat ini sedikit untuk membuatnya lebih "spesifik dan kuat".
"Kami ingin mendapatkannya untuk manusia dalam lima tahun ke depan," katanya.
Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam Jurnal Cell report hari ini.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

Diterjemahkan pukul 17:00 WIB, 14/9/2016, oleh Iffah Nur Arifah.