ABC

Ular Phyton Berhasil Dioperasi Setelah Menelan Penjepit Dapur

Seekor ular python terpaksa dioperasi ringan, karena telah menelan sebuah jepitan dapur, atau tongs. 

Aaron Rouse, warga Adelaide pemilik ular python itu, menggunakan penjepit dapur saat memberikan makanan berupa tikus ke ularnya.

Ia kemudian meninggalkan penjepit dapur dengan ularnya. Namun saat kembali, Rouse merasa sangat kaget karena Winston, nama ular phyton tersebut, telah menelan tongs sepenuhnya.

Sambil kebingungan, ia mencoba menelepon ahli hewan dari Adelaide University, Dr Oliver Funnell.

"Ia [Rouse] mengatakan bahwa ular itu menelan penjepit. Awalnya saya membayangkan hanya tang kecil atau pinset," kata Dr Funnell kepada ABC.

Winston, ular phyton yang menelan penjepit dapur dari stainless steel. Foto: 9 News.


Rouse lalu membawa ularnya itu ke Dr Funnell. "Saya sempat menanyakan apakah benar ular itu menelan tongs, namun Rouse tertawa karena saat membuka kotak tersebut, terlihat jelas apa yang terjadi pada ular itu," jelasnya.

"Anda bisa melihat bentuk penjepitnya, ada klip kecil yang bisa digeser untuk mengunci. Kita bisa melihat bentuknya melalui tubuh ular, bahkan bisa melihat benjolan di ujung penjepit."

Dr Funnell pun kemudian harus berpikir keras bagaimana caranya untuk menyelamatkan python tersebut.

"Ular memiliki kemampuan untuk memuntahkan makanan jika mereka berubah pikiran. Saya tidak yakin apakah Winston akan dapat memuntahkan penjepit ini," kata Dr Funnell.

Soalnya, tongs tersebut terbuat dari logam yang  ujung-ujungnya relatif tajam.

Bentuk penjepit dapur dengan ujung-ujung yang relatif tajam. Foto: ABC.

"Endoskopi mungkin bukan cara yang baik, karena meskipun bisa menarik penjepit keluar tapi bisa menyebabkan kerusakan bagian dalam tubuh ular. Satu-satunya pilihan yang masuk akal adalah melakukan operasi," jelas Dr Funnell.

Dr Funnell pun tidak banyak membuang waktu, dan langsung melakukan operasi ringan pada ular.

"Dengan reptil Anda harus membuat sayatan antara sisik. Kami membuat sayatan lebih besar [dari jepitan] karena itu letaknya agak jauh dari organ vital seperti jantung dan paru-paru," jelasnya.

"Kami mampu mengangkat penjepit dengan mudah, setelah ujung yang besar bisa keluar."

Winston, sang ular phyton kini sudah pulih dan pemiliknya diminta untuk lebih berhati-hati saat memberinya makan.