ABC

Tujuh Petenis Australia Terhenti di Hari Kedua Australia Open

Meski 7 petenis Australia mengalami kekalahan di hari kedua, petenis wanita, Daria Gavrilova, memuaskan para penggemar tenis lokal, dengan melaju ke babak kedua turnamen Australia Open dalam tiga set keras melawan Naomi Broady.

Di depan para penonton di lapangan Margaret Court Arena, Gavrilova mengejar ketertinggalan satu set dengan mengalahkan si petenis Inggris, Broady, 3-6, 6-4, 7-5. Hasil ini menjadi kabar gembira setelah petenis tunggal wanita Australia lainnya, Samantha Stosur, gagal melaju ke babak berikutnya.

"Saya suka menghabiskan banyak waktu di lapangan. Saya tak bisa menang di bawah dua jam," kata Gavrilova dalam wawancara pasca pertandingan.

"Senang berada di sini, bermain di depan teman-teman dan keluarga saya dan benar-benar berada di rumah," sambungnya.

Permainan penuh energi melawan Broady -yang jauh lebih kuat -persis seperti permainan yang ditampilkan petenis Australia kelahiran Rusia ini di hadapan para penggemar lokal, tahun lalu.

Australia Open tahun 2016 menjadi tahun penting bagi Gavrilova di mana ia naik ke peringkat 24 di dunia, peringkat tertingginya. Atas pencapaian itu, Gavrilova mengatakan, bola berada di pihaknya sehingga ia memanfaatkan peluang itu semaksimal mungkin.

"Tahun lalu, saya mengatakan, semuanya terserah saya karena saya adalah pengacau, saya tidak akan mendengarkan pelatih saya dan saya protes," aku Gavrilova.

"Benar-benar terserah saya jika saya ingin membantu diri saya sendiri," imbuhnya.

Pemain berusia 22 tahun ini memiliki rekor untuk dipertahankan di Melbourne Park setelah tahun lalu lolos ke putaran keempat dan akan menghadapi petenis 19 tahun asal Kroasia, Ana Konjuh, di babak berikutnya.

Kemenangan Gavrilova adalah kemenangan kedua petenis Australia setelah Jordan Thompson mengalahkan Joao Sousa dalam lima set.

Tapi secara keseluruhan, hari kedua (17/1) adalah hari yang beragam bagi kontingen Australia.

Dari 10 petenis lokal yang diunggulkan, hanya 3 di antaranya yang memenangi pertandingan -Gavrilova, Thompson dan peringkat 194, Andrew Whittington.

Petenis sisanya menderita kekalahan, termasuk Stosur, yang tersingkir di babak pertama Australia Terbuka untuk kali kedua berturut-turut.

Sementara itu, petenis nomor dua dunia, Novak Djokovic, mulai terlihat mempertahankan gelar juara Australia Open yang diraihnya tahun lalu.

Petenis Serbia ini mengalahkan petenis Spanyol, Fernando Verdasco, 3 set langsung 6-1, 7-6(7/4), 6-2.

Hasil pertandingan petenis Australia di hari kedua Australian Open:

·         Heather Watson vs Samantha Stosur [18] 6-3, 3-6, 6-0

·         Jordan Thompson vs Joao Sousa 6-7(2/7), 4-6, 6-3, 6-2, 6-1

·         Caroline Wozniacki vs Arina Rodionova 6-1, 6-2

·         David Ferrer [21] vs Omar Jasika 6-3, 6-0, 6-2

·         Yoshihito Nishioka vs Alex Bolt 6-4, 1-6, 6-2, 6-4

·         Richard Gasquet [18] vs Blake Mott 6-4, 6-4, 6-2

·         Donna Vekic vs Lizette Cabrera 7-5, 6-2

·         Andrew Whittington vs Adam Pavlasek 6-4, 4-6, 6-2, 6-3

·         Grigor Dimitrov [15] vs Chris O'Connell 7-6(7/2), 6-3, 6-3

·         Daria Gavrilova [22] vs Naomi Broady 3-6, 6-4, 7-5

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterjemahkan: 19:30 WIB 17/01/2017 oleh Nurina Savitri.