ABC

Trump Janjikan Australia Terbebas Dari Tarif Perdagangan

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berjanji untuk membebaskan komoditi baja dan aluminium Australia dari kebijakan tarif impor AS selama pertemuan dengan Perdana Menteri Malcolm Turnbull tahun lalu.

Poin Utama:

• Trump dan Turnbull mengadakan pertemuan yang disebut "Steel Cage" tahun lalu

• Peraturan tarif baru AS mengenakan pajak 25 persen untuk baja impor dan 10 persen untuk aluminium

• Trump berjanji Australia akan dibebaskan dari tarif itu dalam sebuah pertemuan tahun lalu

Janji tersebut disaksikan oleh pejabat tinggi dari kedua belah pihak yang menghadiri pertemuan, yang diadakan di sela-sela KTT G20 di Hamburg, Jerman, pada bulan Juli 2017.

Di antara delegasi AS yang melihat kejadian tersebut adalah Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin, Menteri Perdagangan Wilbur Ross dan Kepala Penasehat Ekonomi Gedung Putih Gary Cohn.

Di pihak Australia, ada Menteri Keuangan Mathias Cormann dan Wakil Sekretaris Departemen Perdana Menteri dan Kabinet David Gruen.

Pengungkapan ini menjelaskan mengapa Pemerintah Australia terkejut oleh deklarasi Trump pekan lalu bahwa aturan tarif baru akan diberlakukan, dan pernyataan Menteri Perdagangan AS, Wilbur Ross berikutnya bahwa pembebasan tarif impor spesifik untuk sebuah negara tidak mungkin terjadi.

Percakapan antara Presiden Trump dan Perdana Menteri Turnbull terjadi di "Steel Cage", sebuah ruang komunikasi aman yang ikut bepergian dengan Presiden AS.

Beberapa sumber mengatakan, janji Trump begitu tegas dan bahwa ia menginstruksikan Wilbur Ross untuk mengerjakan rinciannya demi "mewujudkan hal itu".

Perdana Menteri dan delegasi Australia "benar-benar yakin" bahwa kesepakatan telah terjadi selama pertemuan di Hamburg, Jerman.

Dan setelah mendapat kepastian, Pemerintah Turnbull mengirim Duta Besar Joe Hockey untuk menindak lanjutinya dengan administrasi Trump di Washington.

Kebijakan tarif impor baja dan aluminium oleh Pemerintah AS, yang akan memberlakukan pajak sebesar 25 persen untuk baja impor dan 10 persen untuk aluminium ini, telah mengejutkan eksportir besar seperti BlueScope.

Menteri Perdagangan Australia, Steven Ciobo, prihatin dengan isu tarif.
Menteri Perdagangan Australia, Steven Ciobo, prihatin dengan isu tarif.

AAP: Mick Tsikas

Australia mengekspor baja dan aluminium senilai $500 juta (atau setara Rp 5 triliun) ke AS dalam setahunnya.

Pejabat Pemerintah Australia  semakin pesimis tentang peluang Australia untuk menghindari tarif baja dan aluminium AS yang diumumkan oleh Trump.

PM Turnbull dan Menteri Perdagangan Steve Ciobo telah melobi administrasi Trump untuk membebaskan Australia dari tarif itu.

Menteri Steve Ciobo telah berusaha keras untuk mengklarifikasi apakah baja dan aluminium Australia akan terdampak.

"Perhatian saya tetap ada di balik tindakan seperti ini, kita bisa melihat tindakan pembalasan yang dilakukan oleh negara-negara ekonomi utama lainnya. Itu bukan kepentingan satu pihakpun. Terus terang saja," kata Ciobo pekan lalu.

Pada hari Senin (5/3/2018), Pemimpin Oposisi Australia Bill Shorten mengatakan bahwa ia berharap Turnbull akan menghubungi via telepon dan "setidaknya berusaha" untuk menjamin pembebasan bagi Australia.

Shorten mempresentasikan isu tersebut sebagai uji kesetiaan terhadap sekutu AS.

"Australia dan Amerika telah menjadi sekutu dalam segala macam kesulitan dan konflik. Saya berharap pada saat seperti ini, pertemanan kami dipertimbangkan," katanya.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.