ABC

Tren Foto Mengabadikan ‘Kenakalan’ Anjing Peliharaan

Foto-foto anjing peliharaan yang tampak merasa bersalah setelah tertangkap berperilaku nakal kini tengah populer di internet. Namun seorang pakar hewan menilai meski wajah mereka tampak seperti meminta maaf atau menyesal tapi sebenarnya kecil kemungkinan anjing  benar-benar merasa bersalah atau perilakunya tersebut.

Meski wajahnya tampak menyesal, namun menurut pakar anjing sebenarnya tidak merasa bersalah atas perbuatannya.
Meski wajahnya tampak menyesal, namun menurut pakar anjing sebenarnya tidak merasa bersalah atas perbuatannya.
 
Fotoanjing yang merasa bersalah ini mulai populer di media online setelah muncul situs di tumblr yang khusus didedikasikan untuk memuat foto dari anjing peliharaan yang tertangkap basah pemiliknya sedang mengigiti sofa atau sepatu pemiliknya.
 
Sejak itu, pemilik anjing yang lain ramai mengunggah segala macam gambar dari ‘kejahatan’ yang dilakukan oleh hewan bertaring peliharaan mereka di beberapa platform media sosial.
 
Gambar-gambar ini mencakup gambar anjing yang telah mengunyah sepatu dan sofa, gulungan tisu toilet  atau anjing yang mencuri makanan untuk dirinya sendiri atau bahkan menumpahkan baki kotoran kucing.
 
Bagi manusia foto-foto semacam ini dapat menjadi barang bukti bagi perilaku nakal sahabat berbulu mereka, tapi para ahli mengatakan meski di foto itu anjing-
anjing tersebut menunjukan wajah menyesal dan bersalah, tapi sebenarnya mereka tidak merasa seperti itu.
 
Anjing bernama Winston setelah menumpahkan kantong sampah.
Anjing bernama Winston setelah menumpahkan kantong sampah.
 
"Ada banyak riset dilakukan dan jelas menunjukan kalau anjing tidak merasa bersalah atau menyesal,” kata ilmuwan kedokteran hewan, Susan Hazel.

"Cara kerja otak anjing tidak seperti itu,” tegasanya.
 
Sebaliknya menurut Dr Hazel,tampilan wajah bersalah yang ditunjukan anjing itu hanya bentuk dari kemampuan luar biasa anjing untuk beradaptasi dengan manusia selama ribuan tahun.
 
Dengan kata lain, anjing paham bagaimana menjaga agar pemberinya makanan merasa senang.
 
"Anjing akan menunjukan perilaku semacam menentramkan yang kemudian ditafsirkan pemiliknya sebagai merasa bersalah, "kata Dr Hazel.
 
"Mereka juga akan bereaksi terhadap bahasa tubuh seseorang, sehingga anjing sangat jenius dalam memilah apa yang kita pikirkan bahkan sebelum kita menyadarinya.
 
Clyde, anjing yang suka mencium harus bunga pemiliknya.
Clyde, anjing yang suka mencium harus bunga pemiliknya.