ABC

Tradisi Pemberian Tanaman bagi Warga Negara Baru Australia

Hari Australia atau Australia Day banyak dipilih menjadi moment untuk melakukan upacara pengukuhan status sebagai warga negara Australia baru di kalangan pendatang. Setelah resmi dinyatakan sebagai warga negara Australia, biasanya orang akan mendapatkan tanaman asli Australia sebagai simbol untuk mulai menetap di negara angkat mereka.

Upacara peresmian status sebagai wargavnegara Australia dilakukan sepanjang tahun, tapi bukan hal aneh lagi jika Hari Libur Nasional - Australia Day menjadi pilihan yang populer.
 
Pada Hari Australia tahun 2014 lalu saja, hampir 18 ribu orang resmi menjadi warga negara Australia, mereka menyumbang sekitar  25 persen dari populasi penduduk Australia yang lahir di luar negeri.
 
Upacara pengukuhan status warga negara Australia ini melibatkan pengambilan sumpah janji untuk setia kepada Australia, menerima sertifikat resmi sebagai warga negara Australia  dan sering kali juga dilakukan penyerahan tumbuhan asli Australia atau pohon yang menjadi simbol bagi mereka untuk mulai menetap  di negara mereka yang baru.
 
Australia Plus bertanya pada audiens kami untuk berbagi foto mereka dan tumbuhan warga negara mereka dan berikut audiens yang berhasil kami temui .

 

Helene Hofman dengan tanaman tahunan asli Australia daisy

Helene menerima status sebagai warga negara Australia dan tanaman tahunan bunga daisy pada November 2015,  delapan tahun setelah bermigrasi dari Perancis. Dia saat ini tinggal di Melbourne.

Deven Shanbhag mendapat tanaman sticky wattle

Deven mendapat status warga negara Australia pada tahun  2015. Dia bermigrasi dari Mumbai, India dan sudah tinggal di Australia  selama 6 tahun. Saat ini Ia tinggal di Melbourne dan terus menjaga pohon ‘Sticky Wattle’ yang diterimanya didalam sebuah pot.

Amy Needham, dengan pohon yang diterimanya tahun 2005

Amy Needham lahir di Yangon dan datang ke Melbourne tahun 1999 setelah dia menyelesaikan kuliah S-1nya di Fakultas Teknik Elektronik di Myanmar. Dia bertemu dengan suaminya di Australia dan menjadi warga Australia pada tahun 2005. Dia menanam tanamannya di halaman belakang rumahnya.

Orlando Wijaya, wdengan tanaman asli Australia 

Ini adalah Orlando Wijaya. Dia medapat status warga negara Australia tahun lalu, setelah bermigrasi dari Indonesia, melalui Inggris. Dia menerima pohon ini dalam upacara pengesahan status warga negaranya di Melbourne –sekarang pohon tersebut tumbuh subur didalam pot di halaman belakang rumahnya.

Marcela Fang, dengan tanaman yang diterimanya pada 2003

Pendatang daru cechnya, Marcela Fang menerima status warga negar Australia pada tahun 2003. Sekarang pohon kecil asli Australia yang diterimanya sudah tumbuh besar.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kewarganegaraan Australia atau Australia Citizenship kunjungi situs Pemerintah Australia : www.border.gov.au/Trav/Citi 

Dapatkan kisah-kisah menarik lainnya seperti ini :  'Like' Australia Plus on facebook