ABC

Tour Down Under Akan Lewati Daerah Kebakaran Semak di Adelaide Hills

Lomba balap sepeda Tour Down Under  yang akan berlangsung dari 20-25 Januari di Australia Selatan akan melewati daerah yang terkena kebakaran semak, sesuai dengan rencana semula.

Di etape pertama tanggal 20 Januari, dari Tanunda ke Campbelltown akan melewati Chain of Ponds dan Cudlee Creek, sementara etape ketiga dari Norwood ke  Paracombe akan melewati Birdwood, Gumeracha, Inglewood dan Houghton.

Menteri Pariwisata Australia Selatan Leon Bignell  mengatakan pengecekan sudah dilakukan di jalan yang akan dilalui di daerah Kersbrook, Gumeracha dan Cudlee Creek menyusul terjadinya kebakaran semak di Adelaide Hills minggu lalu.

Diharapkan lomba balap sepeda melewati daerah kebakaran semak ini akan memberikan semangat kepada warga yang menjadi korban. (AAP: Jamie McDonald, file photo)

Dia mengatakan bahwa keselamatan tim dan penonton merupakan prioritas utama bagi pemerintahan Australia Selatan.

"Kami sudah menurunkan tim dari Departemen Transportasi untuk memastikan bahwa pohon yang akan menjadi ancaman keselamatan bagi para pembalap maupun penonton sudah disingkirkan, dan jalurnya terbuka dan aman untuk etape satu dan ketiga di daerah yang terkena kebakaran semak." kata Bignell.

Jadwal Lomba

  • Stage 1 - Tanunda ke Campbelltown (132.6km) January 20
  • Stage 2 - Unley ke Stirling (150.5km) January 21
  • Stage 3 - Norwood ke  Paracombe (143.2km) January 22
  • Stage 4 - Glenelg ke Mount Barker (144.5km) January 23
  • Stage 5 - McLaren Vale ke Willunga Hill (151.5km) January 24
  • Stage 6 - Adelaide street circuit - Elder Park (90km) Sunday, January 2

Bignell mengatakan lomba yang akan melewati Adelaide Hills ini akan memberikan dukungan semangat kepada warga yang terkena musibah di sana.

Direktur Lomba Mike Turtur mengatakan lega bahwa jadwal lomba tidak terganggu.

"Kami senang bahwa lomba bisa berlangsung sesuai dengan rencana, dan kami berharap warga yang terkena musibah bisa menikmati tim yang bertanding dan juga penonton yang hadir." kata Turtur.

Menurut Turtur, seluruh tim yang berlomba akan hadir di Adelaide hari Selasa sore.