ABC

Tips Menyewakan Kamar Lewat Situs Airbnb

Situs akomodasi jangka pendek telah hadir selama bertahun-tahun dan telah menjadi alternatif penginapan yang populer bagi banyak wisatawan.

Kini, memasuki musim panas di Australia, jumlah orang yang menggunakan situs ‘Airbnb’ untuk menyewakan rumah mereka juga meningkat.

Tapi apa saja resiko dan masalah teknis yang tersembunyi ketika anda menyewakan tempat anda untuk orang asing?.

Apa itu Airbnb?

Didirikan pada tahun 2008 di San Francisco, Airbnb adalah situs berbagi akomodasi terbesar di dunia dengan lebih dari dua juta daftar properti di 191 negara.

Penyewa bisa mendaftarkan kamar atau properti mereka di situs ini dan mencantumkan harga sewa yang mereka mau, lalu wisatawan bisa melihat lewat daftar yang tersedia dan memilih di mana mereka ingin tinggal.

Airbnb mengambil komisi yang kecil, jika seseorang menyewa properti Anda.

Apakah Airbnb populer di Australia?

Menurut Sam McDonagh, manajer Airbnb untuk wilayah Australia, negara ini adalah pasar utama.

"Sekarang, ada lebih dari 1.000 properti di Australia dan hampir 70% dari warga Australia tahu Airbnb," sebut Sam.

Ia lantas mengatakan, "Hal yang terus kami dengar dari penyewa dan tamu kami adalah bahwa orang ingin hidup seperti warga lokal.”

"Ketika tamu Airbnb tinggal di Australia dengan tuan rumah, mereka tinggal 2,1 kali lebih lama dan menghabiskan 1,8 kali lebih banyak dari rata-rata wisatawan," sambungnya.

Mengapa masyarakat begitu khawatir?

Masih banyak informasi yang bertentangan tentang situs akomodasi ini dan risiko apa yang terlibat.

Pada tanggal 19 Oktober, penyelidikan yang dilakukan Parlemen New South Wales mencoba untuk menjernihkan beberapa kebingungan, dan merekomendasikan agar aturan di negara bagian ini diamandemen untuk memungkinkan para pemilik rumah menggunakan layanan pemesanan online.

Waktu akan mengungkap apakah usulan itu akan dipertimbangkan, sementara negara bagian dan dewan kota lainnya di seluruh Australia masih sibuk meninjau aturan mereka sendiri.

Betulkah legal?

Aturan tentang penyewaan jangka pendek begitu berbeda dari wilayah satu ke wilayah lainnya.

Trevor Atherton, pengacara dan anggota Asosiasi Industri Rental Liburan, telah berurusan dengan ribuan kasus di mana sejumlah dewan telah menindak bisnis akomodasi jangka pendek.

"Jika tamu Anda bising atau sulit diatur dan tetangga mengeluh kepada dewan...maka dewan kemudian mengkaji peraturan mereka untuk memutuskan apakah bisnis itu legal,” jelas Trevor.

"Jika tidak, maka mereka bisa melakukan apapun yang mereka inginkan di bawah Undang-Undang Perencanaan, termasuk mengeluarkan denda besar pada pemilik rumah," tambahnya.

Pada bulan Juli tahun lalu, Mahkamah Agung Victoria memutuskan bahwa pemilik perusahaan tidak bisa membatasi pemilik properti lainnya untuk menempatkan properti mereka di situs akomodasi jangka pendek.

Meskipun hal ini mungkin terjadi di Victoria, aturan serupa masih diuji di sejumlah negara bagian lainnya.

Makan Malam Tradisional di Tokyo
Misi Airbnb adalah untuk menyatukan dan menghubungkan orang dari seluruh dunia.

Supplied; Airbnb

Bagaimana jika tamu yang melanggar?

Ketika menyewakan properti Anda kepada seseorang, Anda membutuhkan kontrak, dan Anda sebagai tuan rumah bisa memberlakukan syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi tamu selama mereka tinggal.

Hal ini bisa mencakup, tamu harus berperilaku baik, membayar uang jaminan dan bertanggung jawab atas kerusakan apapun yang terjadi.

Meskipun Airbnb juga menyediakan Asuransi Perlindungan Penyewa dan Jaminan Penyewa senilai satu juta dolar (atau setara Rp 10 miliar), Anda masih harus memastikan bahwa Anda memiliki asuransi sendiri.

"Tapi selama legalitas dari bisnis ini tidak pasti, begitu pula polis asuransi Anda," terang Trevor.

Bagaimana kantor pajak terlibat?

Keuntungan apapun yang Anda buat dianggap sebagai penghasilan wajib pajak dan harus dinyatakan dalam pelaporan pajak Anda.

Jika yang terjadi sebaliknya, Anda bisa mengklaim kerugian itu sebagai elemen pengurang pajak, dan mengklaim hal-hal seperti biaya dewan kota, biaya air, dan semua biaya operasional lainnya yang Anda asosiasikan dengan properti investasi biasa.

Emma Seymour-Munn adalah akuntan senior. Ia mengatakan, ada banyak matematika yang terlibat ketika anda menyewakan properti di Airbnb.

Ia merekomendasikan agar semua penyewa mencatat semua tamu mereka, berapa lama mereka tinggal, dan jika mereka tak menyewakan keseluruhan properti, berapa banyak ruang yang bisa diakses tamu.

Ini akan membuat hidup semua orang lebih mudah ketika menyangkut pelaporan pajak atau ketika timbul keuntungan.

Apa yang bisa diharapkan tamu?

Para tamu menginginkan penyewa dan properti mereka berstandar tinggi dan berharap sebuah penginapan yang diatur seperti hotel bintang lima. Ini termasuk sprei yang bersih dan rapi, karpet bersih, segala sesuatunya rapi, produk kamar mandi berkualitas, dan tidak adanya barang-barang pribadi penyewa.

Pendiri situs HomeHost, Gabriel Sarajinsky, membantu para penyewa mengelola properti mereka. Ia mengatakan, untuk menghasilkan keuntungan "Anda membutuhkan foto yang bagus, ulasan yang baik, rumah ang sempurna" dan bersedia untuk bekerja keras.

Masih berminat? Ini 5 hal yang harus anda ingat

1. Periksa aturan di dewan lokal Anda

2. Jika Anda penyewa, periksa kondisi sewaan Anda

3. Hitung baik-baik -pastikan Anda tidak akan mengalami kerugian

4. Tetapkan syarat dan ketentuan yang jelas dan pastikan Anda punya polis asuransi yang valid

5. Simpan catatan rinci dari semua tamu Anda dan ruang yang digunakan.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.