ABC

Tips Mencari Kerja Saat Berlibur di Australia

Anda hendak berlibur ke Australia dengan visa Working and Holiday? Berikut ada beberapa tips dari Brian Maliangkay dan Merdekawati Evanglie Weken yang sedang berlibur... sambil bekerja di Australia.

Keduanya berasal dari kota Manado dan tiba di Melbourne pada Juni 2016 lalu dengan memegang visa Working and Holiday. Mereka sudah beberapa kali mendapat pekerjaan di pasar Queen Victoria Market, sebuah kedai kopi, dan sebuah restoran Indonesia di Melbourne.

Kepada Australia Plus mereka berbagi bagaimana mereka mendapatkan info soal lowongan pekerjaan.

Lewat situs penyedia lowongan pekerjaan

Australia memiliki sejumlah situs yang menyediakan lowongan pekerjaan. Tentu saja situs ini bisa diakses di Indonesia, sehingga Anda bisa mulai mendaftar sebelum pergi ke Australia.

Untuk mencari situs penyedia lowongan pekerjaan ini, Anda bisa mencari di situs pencarian dengan kata kunci : "Australia job search". Pemerintah Australia pun memiliki situs penyedia lowongan pekerjaan, yakni jobsearch.

Sejumlah pekerjaan di Australia juga membutuhkan keahlian bahasa selain bahasa Inggris, termasuk bahasa Indonesia. Anda bisa mencari pekerjaan dengan memasukan kata kunci: "Indonesian" atau "Indonesian language".

Melihat lowongan di restoran atau toko

Banyak restoran atau toko yang justru mengumumkan lowongan pekerjaan dengan menempelkannya di kaca jendela tokonya.

Anda biasanya bisa langsung menyerahkan surat lamaran pekerjaan dan riwayat hidup atau 'CV' kepada manajer atau pekerja lainnya di restoran atau toko tersebut.

Tonton tips mencari pekerjaan di Australia lewat video berikut ini.

Memanfaatkan pertemanan

Kuncinya adalah Anda harus percaya diri. Di kota-kota besar di Australia pasti Anda akan menemukan warga Indonesia.

Mereka biasanya membentuk kelompok atau grup di jejaring sosial, seperti di Facebook. Anda bisa mencoba bergabung kelompok atau grup ini, karena biasanya sejumlah lowongan pekerjaan juga di-posting disini.

Anda bisa bertanya kepada mereka soal persyaratan pekerjaan, apa yang dikerjakan, hingga upah yang diterima. Banyak dari pengumuman beberapa jenis pekerjaan mengandalkan hubungan relasi, dalam arti diumumkan dari mulut ke mulut.

Kenali kewajiban dan hak pekerja

Di Australia ada kewajiban membayar pajak, termasuk bagi pemegang visa Working and Holiday dan besarnya tergantung jenis pekerjaan Anda. Dapatkan informasi dan aturan soal pembayaran pajak dari Kantor Pajak Australia.

Sementara untuk mengetahui hak-hak pekerja, Anda bisa mengunjungi website milik Fair Work Ombudsman.

Jangan lupa juga jika Anda ingin memperpanjang visa Working and Holiday hingga dua tahun, maka Anda harus setidaknya bekerja di kawasan pedalaman atau pedesaan Australia selama tiga bulan, dalam 12 bulan pertama. Semua informasinya pernah kami informasikan disini.

Ingin tahu tips lain seputar working holiday visa, seperti dimana mencari info pekerjaan di Australia dan apa saja hak pekerja? Ikuti pengalaman Brian dan Eka lainnya di situs australiaplus.com/indonesian. Bergabung pula bersama komunitas kami di facebook.com/AustraliaPlusIndonesia