ABC

Tips Berguna Mengikuti Ospek di Australia

Setiap bulan Februari universitas di Australia melaksanakan Pekan Orientasi (Orientation Week atau O Week), hal yang mirip dengan kegiatan Ospek di Indonesia. Australia Plus berbicara dengan beberapa mahasiswa internastonal dari University of Technology Sydney mengenai pengalaman selama O Week dan apa yang harus dilakukan bagi mahasiswa baru.

Sueshe Htet Htet Tun from UTS
Sueshe Htet Htet Tun belajar Business di UTS.

Supplied

Sueshe Htet Htet Tun dari Burma

"Orientation Week bagian penting saat belajar di luar negeri karena bisa mendapatkan informasi penting mengenai studi, fasilitas, sistem di universitas. Kita bisa bertemu dengan teman-teman baru yang akan bisa menjadi teman seumur hidup. Saran saya bagi mahasiswa baru yang mengikuti Orientation Week, jangan melewatkan tur kampus, karena ini akan menjadi bagian dari kegiatan belajar, sehingga anda tahu kemana harus pergi."

Jasmine Jauw from UTS
Jasmine Jauw masih di kelas Foundation Studies di UTS.

Supplied

Jasmine Jauw dari Jakarta

"Selama Orientation Week mahasiswa harus aktif. Carilah teman baru. Lebih penting lagi gunakan bahasa Inggris dengan teman-teman baru. Saya merasa penting sekali berbicara dalam bahasa Inggris, karena saya bisa terlibat pembicaraan dengan orang dari seluruh dunia, dan mendengar aksen berbeda."

Tehsin Mansuri from UTS
Tehsin Mansuri (kiri) adalah mahasiswa Diploma of Science di UTS INSEARCH.

Supplied

Tehsin Mansuri dari India

"Buat daftar dan bawa semua dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran selama Orientation Week. Lihat jadwal berbagai kegiatan yang terjadi selama Orientation Week. Pilih mana yang ingin anda ikuti. Semakin banyak teman yang di universitas, semakin menyenangkan kehidupan anda selama kuliah."

Jaydon Zhang from UTS
Jaydon Zhang belajar Communications di UTS.

Supplied

Jaydon Zhang dari China

"Universitas sengaja membuat Orientation Week sebagai pekan yang menyenangkan dan semeriah mungkin bagi mahasiswa baru. Penting bagi para mahasiswa mengikuti Orientation Week dan ambil bagian dalam kegiatan sosial apa saja. Saran paling penting dari saya adalah tingkatkan kepercayaan diri. Jangan malu dan jangan takut berbicara dengan orang yang belum dikenal. Itu cara paling cepat dan sederhana meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris."

Johana Luhur from UTS
Johana Luhur adalah mahasiswa Diploma of Science di UTS INSEARCH.

Supplied

Johana Luhur dari Surabaya

"Pertama-tama, mahasiswa perlu mempersiapkan segala sesuatu untuk pendaftaran seperti paspor dan berkas registrasi. Mereka harus mengecek email dan surat untuk mengetahui jadwal Opspek. Mahasiswa harus datang tepat waktu dan mengikuti program dengan baik. Bila tidak mengerti sesuatu (misalnya jadwal, atau lokasi kegiatan) mereka bisa menanyakan kepada panitia sehingga mendapatkan informasi yang benar. Mahasiswa jangan takut bertanya. Orientation Week adalah kesempatan bagi kita bertemu orang lain, dan mendapatkan pertemanan baru sehingga mahasiswa tidak harus malu dan bertemu dengan sebanyak mungkin orang, menikmati seluruh kegiatan. "