ABC

Tindakan Ini Dapat Selamatkan Koala Dari Kepunahan

Meningkatnya keprihatinan tentang masa depan koala telah memicu sekelompok pegiat kelestarian lingkungan merilis daftar tindakan untuk membantu mencegah spesies khas Australia ini menjadi punah.

Organisasi ‘Friends of the Koala’ yang berbasis di Lismore.  di pantai utara New South Wales, di mana 10 koala mati ditemukan mati dalam tiga hari berturut-turut pada awal pekan ini sebagai akibat dari  serangan hewan atau tertabrak kendaraan.

Presiden organisasi itu, Ros Irwin mengatakan kampanye ini ditujukan kepada para pemilik tanah dan masyarakat umum.

"Politisi tidak akan menyelamatkan kita akan masalah ini tetapi kita semua bisa," katanya.

"Ini adalah hal-hal sederhana yang dapat dilakukan orang untuk membuat perbedaan."

koala mati
Mengurangi kecepatan di wilayah koala dapat mengurangi jumlah koala yang mati karena kendaraan.

Supplied: Linda Sparrow/Bangalow Koalas

Langkah-langkah yang disarankan oleh Friends of the Koala meliputi:

Beritahu orang bahwa koala akan punah

  • Koala akan menghilang dari bagian dunia ini kecuali perilaku berubah.

Bagikan unggahan ini di media sosial

  • Organisasi ‘Friends of the Koala dan kelompok lain mengunggah daftar tindakan ini di  halaman akun Facebook dan situs mereka. Berbagi postingan ini dengan jaringan Anda akan membantu menyebarkan pesan ini.

Lindungi habitatnya

  • Tanpa habitatnya, koala tidak dapat bertahan hidup. Mereka tahu rentang rumah dan pohon mereka dan tertekan ketika keduanya menghilang. Stres dapat menyebabkan penyakit seperti klamidia dan retrovirus, yang sering berakibat fatal.

Tanamlah pohon makanan koala

  • Sebagian besar habitat koala berada di tanah pribadi, jadi mempertahankan pepohonan makanan koala seperti hutan redgum, rawa mahoni dan kayu tallowwood, dan penanaman apapun yang lebih disukai secara lokal, akan membantu meningkatkan jumlah habitat.

Memperluas koridor antara area habitat koala akan memberi mereka cara yang lebih aman untuk bergerak di antara pohon yang mereka sukai, yang berarti mereka dapat menghabiskan lebih sedikit waktu di tanah, waktu dimana mereka paling rentan.

Perhatikan koala yang dalam kesulitan

  • Indikator kunci dari koala yang bermasalah adalah:
  1. Warna bulu mereka. Harus berwarna abu-abu dan putih. Jika kecoklatan, ini merupakan indikator awal penyakit
  2. Mata mereka. Mereka harus cerah dan tanpa deposit berkerak (umumnya merah).
  3. Pantat mereka. Mereka harus bersih dan putih krem dengan beberapa tambalan abu-abu. Dasar kotor atau basah adalah indikator sistitis.
  4. Perilaku mereka. Setiap koala yang ada di tanah, tinggal di satu pohon atau berada rendah di pohon selama lebih dari beberapa hari, atau yang tidak mencoba untuk menjauh dari manusia atau tidak waspada, atau yang berada di lokasi yang tidak biasa seperti beranda rumah atau di suatu tempat yang dekat dengan manusia - koala apapun yang menunjukkan perilaku ini harus segera diselamatkan.

Semakin awal hewan yang sakit atau terluka diselamatkan, semakin besar kemungkinan bisa dilepaskan ke alam liar.

Berkendara dengan hati-hati dan waspada

  • Koala yang ditabrak kendaraan sering kali harus dimatikan. Koala yang menyeberang jalan untuk menemukan pohon makanan, dan pejantan yang sedang mencari betina di musim kawin (umumnya Agustus hingga Februari). jantan muda juga menjelajah di jalan ketika mereka ditendang keluar dari koloninya oleh koala jantan dewasa.

Berhati-hati terhadap koala dan mengurangi kecepatan di daerah koala dapat mengurangi jumlah koala yang terbunuh oleh kendaraan.

Gunakan tali kekang anjing

  • Tidak peduli ukuran atau kepribadian anjing, adalah naluri alami bagi anjing untuk mengejar dan 'bermain dengan' seekor binatang yang relatif kecil di tanah. Ini adalah tindakan bertanggung jawab untuk memakaikan tali kekang pada anjing anda, terutama antara waktu senja dan matahari terbit, karena bahkan satu gigi yang menembus bulu koala cukup untuk menyebabkan infeksi dan kematian dalam waktu 12 jam.

Indikator yang baik dari serangan anjing yang potensial adalah jika hewan itu memiliki banyak cairan di tubuhnya dan ia berperilaku tidak biasa.

Simpan hotline penyelamatan 24 jam ke ponsel Anda

Kebanyakan penyelamatan dilaporkan oleh ponsel.

banner kampanye kelestarian koala
sahabat Koala menbuat daftar dukungan masyarakat untuk menyelamatkan koala.

Supplied: Friends of the Koala

Menteri Lingkungan Hidup New South Wales, Gabrielle Upton mengatakan, Pemerintah Negara bagian NSW telah berkomitmen $ 45 juta untuk strategi konservasi koala.

"Ini bukan janji kosong muslihat," katanya. "Ini kita lakukan sebagai jawaban atas laporan para ilmuwan.

"Ini membahas masa depan koala dalam banyak hal.

"Kami memiliki akuisisi tanah yang akan kami buat, kami memiliki lebih dari 24.000 hektar yang telah didedikasikan untuk habitat koala, di masa depannya."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.