ABC

Timnas Footy Indonesia Siap Berlaga di Australia

Untuk pertama kalinya Indonesia mengirimkan tim nasional ke ajang Piala International Liga Football Australia. Football Australia adalah olah raga paling populer di Australia dengan menyedot lebih dari tiga juta penonton.

Tim nasional footy Indonesia tiba di Melbourne hari Kamis (7/08). Mereka memiliki waktu dua hari untuk beradaptasi sebelum melakukan pertandingan perdana melawan Nauru pada hari Minggu (10/08) sore.

Aksi mereka nanti akan menjadi pertandingan perdana tim footy Indonesia di kota Melbourne, yang menjadi rumah olahraga ini berasal.

Tim footy nasional tiba di bandara udara Tullamarine, Melbourne (Foto: AFL Indonesia)
Nama-nama tim di cabang olahraga ini mengambil nama-nama binatang. Tim nasional memilih nama Indonesia Garuda, yang menjadi lambang negara.
Dengan seragam tim bergaris tiga berwarna merah putih dan corak batik hitam abu-abu di sebelah kanan, tim Indonesia akan bermain melawan Nauru, Fiji, dan Perancis di babak penyisihan.
29 pemain dari dibawah asuhan pelatih Boy Sabar Pasaribu akan memperkuat squad Garuda. Para pemain berasal dari tiga tim besar footy di Indonesia, yakni Jakarta Bintangs, Bali Geckos, dan Borneo Bears.
Berpose di pesawat menuju Melbourne (Foto: AFL Indonesia)
Mengenal lawan-lawan Garuda
Di pertandingan pertama, Garuda akan melawan Nauru, negara yang sudah terlebih dahulu mengenal permainan footy asal Australia. Posisi Nauru saat ini berada di peringkat kelima dalam rangking internasional footy.
Pertandingan kedua, tim Garuda akan melawan negara Fiji yang dikenal memiliki fisik yang lebih besar dibandingkan pemain tim Garuda. Tetapi tim Garuda sudah terbiasa berlatih melawan para ekspat asal Australia di Jakarta. Permainan yang agresif dan intens akan menjadi kunci keberhasilan tim Garuda melawan Fiji yang sudah menjuarai Divisi 2 pada tahun 2011.
Dan terakhir, Indonesia akan melawan Perancis, yang menjadi juara dua Divisi 2 dibawah Fiji.
Selain lawan-lawan tersebut, faktor cuaca yang dingin pun akan menjadi tantangan lain bagi tim Garuda.
Sebagian pemain footy dari tim Indonesia berjalan-jalan di kota Melbourne (Foto: AFL Indonesia)
Olahraga footy Australia diperkenalkan oleh para pekerja asal Australia di Jakarta, Bali, dan Balikpapan. Pengenalan olahraga ini pada awalnya untuk mendekatkan budaya Australia dan hubungan antara pekerja asal Australia dan komunitas lokal di Indonesia.
Tahun ini, ada 25 tim dari negara yang ikut berpartisipas dalam piala internasional AFL. Tujuh diantaranya adalah tim wanita.
Kejuaraan Piala Internasional AFL diadakan sejak tahun 2002 dan berlangsung tiga tahun sekali.  Irlandia pernah menjuarai di tahun 2002 dan 2011, Selandia Baru di tahun 2005, dan Papua Nugini di tahun 2008.
Untuk mendukung tim nasional Garuda di kejuaraan internasionall ini, Anda bisa menyaksikannya melalui live streaming.