ABC

Tiga Gunung di Tasmania yang Layak Didaki

Ada banyak pegunungan di negara bagian Tasmania (Australia) mulai dari bukit yang landai hingga bertebing terjal dan puncak yang tertutup salju.

Bill Wilkinson sangat mengenal gunung-gunung di seluruh Tasmania. Dia mampu menyebutkan nama dan mendefinisikan dengan baik gunung tertentu yang ada di seluruh negara bagian ini untuk membantu pejalan kaki yang bersemangat dan para pendaki dalam melacak petualangan mereka.

"Pengetahuan ini dimulai dengan keterpesonaan dengan pegunungan," katanya kepada Melanie Tait di ABC Radio Hobart.

"Sebagai seseorang yang berpikiran matematis, Saya berusaha untuk berpikir apa yang otentik dengan pegunungan di Tasmania?"

Itu adalah latar belakang lahirnya 'sistem Abels' ā€“ nama yang mengacu pada petualang Abel Tasman; yakni daftar dari semua gunung dengan ketinggian 1.100 meter atau lebih yang terpisah dari puncak lainnya dengan titik kemiringan 150 meter di semua sisi.
Berikut adalah tiga gunung terbaik menurut Wilkinson dalam daftar Sistem Abel:

Mount Orion

Pemandangan di Mount Orion, Tasmania
Danau Fortuna di Western Arthurs merupakan salah satu pemandangan yang dapat disaksikan dari dekat kawasan Mount Orion. Supplied: Charles Chadwick


"Salah satu hal mengenai Mount Orion adalah, gunung itu terletak di Western Arthur Ranges, yang mungkin merupakan kawasan terbaik untuk berjalan menjelajah di Australia," katanya.

"Pemandangan yang luar biasa, gunung ini menjulang dengan kokoh diatas Square Lake, memiliki anak gunung, Mount Sirius dan Puncak Procyon yang jaraknya tidak jauh.ā€

Wilkinson mengatakan perjalanan menuju Mount Orion hanya bisa dilakukan oleh pendaki yang berpengalaman, tapi trek tersebut sangat layak ditempuh karena beragamnya pemandangan yang bisa didapatkan.

Mount Pelion West

Mount Pelion, Tasmania
Mount Pelion Barat tegak berdiri mendominasi pemandangan dari arah Pelion Plains.

Wikimedia Commons: PelionClimber


"[Ini] merupakan gunung yang spektakuler," katanya.
"Ini benar-benar mendominasi kawasan Windermere Plains."

Gunung Pelion Barat menempati posisi ketiga gunung tertinggi di Tasmania dalam daftar Abel, tetapi karena gunung itu menjulang curam di kawasan Windermere Plains, menjadikan gunung ini sebagai salah satu pemandangan yang paling memukau dilihat dari tanah datar.

Acropolis

Acropolis, Tasmania
Gunung Acropolis dahulunya dinamakan Mount Porcupine dikarenakan punggung bukitnya yang berbentuk runcing.

Wikimedia Commons: Sam Genas


"Gunung dari daftar Abel favorit saya adalah Acropolis, letaknya tidak jauh dari Mount Pelion West," kata Wilkinson.

"Salah satu hal yang luar biasa tentang Acropolis adalah, tidak seperti banyak gunung lainnya, gunung itu tidak berbentuk garis lurus, tapi berbentuk huruf ā€˜Lā€™."
Acropolis letaknya tiga jam perjalanan kaki dari Pine Valley Hut di Overland Track di Dataran Tinggi Tengah.
Situs Pegunungan Abel Mountains memuat daftar dari seluruh pegunungan di Tasmania yang ada di sistem Abel.

Diterjemahkan pukul 21:30 WIB, 14/3/2017 oleh Iffah Nur Arifah dari artikel Bahasa Inggris disini.