ABC

Tiga Gereja di Melbourne Jadi Sasaran Aksi Pembakaran

Satu lagi gereja Katolik di Melbourne, Australia, menjadi sasaran aksi pembakaran, Selasa (31/3/2015) malam. Sebelumnya, dua gereja telah menjadi korban, masing-masing gereja St James dan gereja St Mary's pada Senin (30/3/2015) dinihari.

Diduga gereja St Mary di daerah Dandenong ini, sengaja dibakar oleh pelaku karena terkait dengan seorang pastor yang terbukti melakukan pedofil, Kevin O'Donnell.

Selama 50 tahun menjalankan tugasnya di Melbourne, Pastor O'Donnell terbukti melakukan berbagai pelecehan seksual kepada anak-anak.

Diketahui, ada delapan gereja yang pernah menjadi tempat tugas Pastor O'Donnell di Melbourne.

Polisi sendiri sebenarnya masih menyelidiki kebarakan yang menghancurkan Gereja St James di daerah Brighton, yang terdaftar sebagai bangunan yang dilindungi.

Gereja itu terbakar Senin dinihari bersamaan dengan Gereja St Mary di daerah St Kilda East.

Kedua gereja itu merupakan tugas tugas pastor pedofil lainnya bernama Ronald Dennis Pickering antara tahun 1978 - 1993.

Kini, gereja ketiga di daerah Dandenong juga menjadi korban. Menurut petugas pemadam Paul Carrigg, jelas terlihat bahwa kebakaran ini disengaja.

"Kami menduga kuat ada orang yang sengaja menyulut api di beberapa titik. Begitu petugas kami tiba di lokasi, titik api sudah menyebar," katanya.

"Misalnya ada titik api di ruang gudang yang membakar lantai, serta ada titik api ke arah altar," jelas Carrigg.

Sebanyak 40 petugas pemadam diterjunkan dan baru bisa mengatasi kobaran api setelah satu jam.

Seorang juru bicara Gereja Katolik kepada ABC menyatakan Pastor Declan O'Brien yang tinggal di gereja itu "sangat emosional" untuk bisa berbicara dengan media.