ABC

Tiap Tahun Bank Sentral Australia Terima Uang Kertas Rusak Senilai $2 miliar

Jangan buang sobekan uang kertas Anda yang rusak. Tidak seperti limbah kertas biasa, uang kertas plastik yang rusak memiliki nilai yang cukup tinggi.

Bank Sentral Australia (RBA) akan menghargai uang kertas Anda yang rusak - sesuai dengan ukuran dari sobekan uang kertas yang Anda miliki. Misalnya sobekan uang setengah dari uang kertas utuh akan dihargai sekitar $5.
 
Saat ini ada sekitar 1,3 miliar uang kertas - dengan nilai lebih dari $65 miliar - yang beredar di Australia.
 
Uang kertas itu berasal dari polimer, sejenis plastik yang dikembangkan oleh RBA dan CSIRO pada 1988.
 
Sebelumnya, uang kertas Australia dibuat dari bahan dasar kertas dan teknologi ini masih digunakan dibanyak negara seperti Inggris, yang pada tahun ini juga mulai mengganti uang kertas mereka ke bahan dasar polimer.
 
Tapi uang kertas plastik sekalipun bisa rusak, dan RBA hanya bersedia menerima uang kertas dalam bentuk yang baik untuk mencegah pemalsuan.
 
Uang kertas yang tidak layak bisa dikarenakan tidak lengkap atau bekas dijepit, sobek atau berlubang.
 
Biasanya, bank-bank komersial yang akan mengumpulkan uang yang tidak utuh untuk kemudian diserahkan kembali ke RBA. Pada tahun keuangan yang lalu tercatat ada sebesar $2 miliar  uang tidak utuh yang diterima RBA.
 
Individu juga dapat mengembalikan uang kertas mereka yang rusak. Bank Sentral Australia (RBA) tahun lalu memproses lebih dari 15.000 klaim uang kertas tidak utuh yang disetorkan warga senilai $3.8 juta .
 
Tapi apa yang akan dilakukan RBA dengan uang kertas tidak utuh senilai $2 milyar tersebut?
 
Bank Sentral Australia mengatakan uang kertas yang tua akan di daur ulang oleh perusahaan daur ulang polimer.
 
Uang kertas plastik itu pertama akan dipotong-potong kecil menjadi semacam kertas taburan /confetti) dan kemudian akan dimasukan ke dalam mesin khusus yang akan melumatkan kertas plastik polimer itu menjadi semacam pelet atau butiran plastik.
 
Butiran plastik itu kemudian akan digunakan sebagai bahan mentah untuk membuat perabotan rumah tangga atau industri seperti bahan bangunan, pemipaan dan juga tempat sampah.
 
Tapi Bank Sentral Australia tidak bersedia menjawab berapa banyak uang yang mereka hasilkan dari mendaur ulang uang kertas tidak utuh tersebut.