ABC

‘The Naked Farmer’: Membicarakan Kesehatan Mental dengan Bertelanjang

"Jika kamu bisa membuka celana jeansmu dan bajumu, itu lebih baik … dan kamu bisa tetap memakai sepatu botmu."

Itu mungkin bukan percakapan yang akan Anda dengar di banyak peternakan di Australia.

Tapi bagi Ben Brooksby, yang juga dikenal sebagai 'The Naked Farmer', itulah yang sering dia lontarkan kepada para petani, tentu dengan tujuan yang baik.

Ben sedang dalam perjalanan keliling Australia Selatan, mengambil foto tanpa busana para petani untuk mengumpulkan uang untuk mendukung gerakan kesadaran kesehatan mental.

Berawal dari kampanye media sosial untuk mempromosikan pertanian, gerakan yang digagas Ben berakhir menjadi organisasi nirlaba dengan banyak pengikut online.

'The Naked Farmers' memiliki banyak pengikut sehingga makin banyak pula orang yang ingin terlibat.

Kesehatan mental di kalangan petani

Dalam perjalanannya, Ben telah bertemu dan berbicara dengan sejumlah petani dari sektor pertanian yang berbeda-beda

Pertemuan dan pembicaraan itu telah membuka matanya terhadap berbagai isu kesehatan mental, termasuk dampak yang dirasakan setelah kebakaran hutan baru-baru ini.

"Ketika kami berada di Pulau Kangguru, saya melihat langsung bagaimana kebakaran telah mempengaruhi para petani," katanya.

A man is taking a photo of a farmer standing in a green paddock with cows in the background
Ben Brooksby mengambil foto para petani di lingkungan kerja mereka sebelum mengambil foto telanjang para petani.

ABC Rural: Brooke Neindorf

Dalam perjalanan di Australia Selatan ini dilakukan juga pertemuan dengan kelompok yang peduli soal kesehatan mental lokal di berbagai kota pedesaan, termasuk di Maitland di Semenanjung Yorke.

"Kami meminta 21 petani untuk ambil bagian dalam pengambilan gambar dengan pesawat."

Foto-foto yang sebagian diambil dari rangkaian perjalanan ini akan ditampilkan di kalender untuk penggalangan dana terbaru, serta buku yang akan segera diterbitkan.

"Kami sangat gembira saat tahu jika kami telah berhasil mengumpulkan dana untuk layanan kesehatan mental di pedesaan, Royal Flying Doctor's Service," ujar Ben.

Menanggalkan pakaian untuk tujuan yang baik

Slogan 'The Naked Farmer' adalah, "Perlu keberanian untuk melepaskan pakaian Anda, begitu pula butuh keberanian untuk membicarakan kesehatan mental".

Pesan untuk selalu bergandengan tangan adalah sesuatu yang lebih dipikirkan oleh petani di kawasan Tumby Bay, Ben McNamara.

Dia selalu cukup berani untuk melepas pakaiannya, tetapi berbicara tentang kesehatan mental adalah sesuatu yang sedikit lebih sulit.

"Para tetangga menyuruh saya melakukannya, karena mereka tahu saya melakukan hal-hal seperti Naked Gardening Day," kata Ben.

"Saya awalnya tidak tahu apa-apa tentang The Naked Farmer sampai kemudian mulai membacanya dan menemukan cerita orang lain cukup menarik."

Three men sit and stand near a trough that is used for feeding cattle
Ben Brooksby dan Mason Gulpin telah berkeliling Australia Selatan mengambil foto para petani, termasuk Ben McNamara (tengah) untuk platform Naked Farmer.

ABC Rural: Brooke Neindorf

Ben McNamara mengatakan ketika dia masih muda dia punya anggapan jika orang yang tidak mampu mengatasi masalah pasti tidak 'cukup tangguh', tetapi perasaannya telah berubah seiring bertambahnya usia.

Ben McNamara membawa Ben Brooksby dalam turnya dan mereka akhirnya memutuskan untuk mengbagikan beberapa foto telanjang.

Apakah Ben McNamara gugup saat diminta melepaskan celananya?

"Tapi saya berharap orang-orang dapat tertawa melihat sesuatu seperti ini dan itu akan membuka diskusi kesehatan mental dan orang-orang akan lebih sering lagi mendiskusikannya."

Artikel ini diproduksi oleh Hellena Souisa dari artikel ABC News