ABC

The Gods of Wheat Street Hadirkan Cerita Aborigin Masa Kini di Layar TV Australia

Ada kritik bahwa dunia televisi Australia kurang banyak menampilkan kisah-kisah tentang penduduk bumiputera Aborigin. Salah satu usaha untuk mengubah itu dilakukan dengan cara membuat serial televisi tentang kehidupan kaum bumiputera, seperti Redfern Now dan The Gods of Wheat Street.

The Gods of Wheat Street dan Redfern Now dikomisikan oleh departemen bumiputera ABC.

The Gods of Wheat Street, yang menyorot kehidupan masa kini kaum bumiputera Australia, merupakan buah karya Jon Bell, yang menulis ceritanya berdasarkan kota kelahirannya, Casino, New South Wales.

"Orang-orang di kampung halaman saya senang sekali," katanya, "Mereka senang melihat diri mereka di layar kaca, mereka senang melihat salah satu dari mereka menulis cerita tentang diri mereka, dan mereka senang melihat keluarga berkulit hitam di televisi.

Bell juga menulis dua episode seri Redfern Now, yang membuka lapangan kerja bagi lebih dari 250 pekerja film bumiputera. Menurut Bell, semua itu karena Ia percaya akan impiannya.

"Saya tak mau pergi dari sini ke Sydney, apalagi Amerika Serikat, untuk cari kerja," katanya, "Kalau bisa, saya ingin ke sana dan mendapatkan uang untuk dibawa kembali ke daerah ini."

Para aktor dan aktris dalam The Gods of Wheat Street senang karena mereka memainkan tokoh-tokoh yang positif, dan mereka ingin lebih banyak kesempatan macam itu.

Aktor Kelton Pell memerankan tokoh utama Odin Freeburn, yang membuat janji terakhir pada almarhum Ibunya bahwa Ia akan menjaga agar keluarganya tetap utuh. Dalam serial televisi ini, Ia harus menjaga anak dan saudara-saudaranya sementara Ia pun mengalami berbagai masalah seperti masalah percintaan dan keuangan.

"Sudah waktunya kita, sebagai warganegara Australia...lebih tahu soal orang-orang Aborigin," jelas Pell, "The Gods of Wheat Street mendobrak batasan. Kita mengundang orang-orang Australia lain ke rumah orang kulit hitam, duduk dengan kami selama satu jam dan menikmati tawa, air mata dan keajaiban dalam program ini," katanya.

Drama tersebut dibintangi banyak bintang film bumiputera terkenal, termasuk Shari Sebbens, yang berperan sebagai perancang busana di kota kecil.

Para aktor dan aktris The Gods of Wheat Street berharap akan lebih banyak cerita tentang kaum bumiputera di dunia film dan televisi Australia. Salah satunya adalah Lisa Flanagan.

"Saya ingin bisa membuat Sex and the City versi kami. Empat orang perempuan kulit hitam di kota," katanya, "Kami perempuan Aborigin..sangat emosional, sangat kreatif, dan sangat seksi."