ABC

Terungkap Rahasia Bagaimana Perbaikan Otot Terjadi

Rasa sakit dan nyeri pada otot berbulan-bulan usai berolahraga berat pertama kali adalah hal yang normal, terutama bagi mereka yang tidak biasa latihan, ujar para peneliti di Queensland.

Penelitian baru yang dilakukan sebuah tim di University of Queensland (UQ), menemukan rasa nyeri sebagai bagian dari bentuk perlindungan agar kita tidak merusak otot-otot di hari-hari berikutnya setelah berolahraga.

Dalam studi yang pertama kali dilakukan di dunia ini, tim dibawah arahan ahli fisiologi otot Dr Bradely Launikonis memetakan serat otot pada tiga titik dalam siklus latihan.

"Ini menggambarkan otot manusia sangat adaptif dan dapat melindungi dirinya sendiri."

"Ini berarti saat kita merusak otot, otot-otot mengetahuinya."

Penelitian ini mengamati orang-orang yang diminta melakukan serangkaian latihan otot kaki dengan beban berat.

Para peneliti menemukan bagaimana kalsium diproduksi dalam tubuh, disaat yang sama menggunakan energi dan kemudian dikeluarkan, sehingga memungkinkan otot untuk memperbaiki dan mengatasi latihan selanjutnya.

"Yang kami temukan setelah latihan, tingkat kalsium yang normal meningkat ke tingkat yang luar biasa tinggi," kata Dr Launikonis.

"Kita bisa melihat struktur membran dalam otot berubah dan mulai menumpuk atau menyerap kalsium dari dalam otot. Pada dasarnya menahannya."

"Ini berkat rongga kecil di dalam serat otot disebut vakuola, di mana kalsium terakumulasi, yang malah mengurangi kerusakan otot akibat tingkat kalsium yang tinggi .

Dr Launikonis mengatakan vakuola kemudian menghilang, hingga olahraga berat berikutnya.

"Sebelumnya, tidak ada yang yang terpikir bagaimana mekanisme ini terjadi," katanya.

Tim dari UQ berharap hasil penelitiannya membantu pemahaman lebih soal penyakit yang berhubungan dengan otot, seperti distrofi otot. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut.

Diterbitkan oleh Erwin Renaldi pada 14/02/2017 pukul 13:02 AEST dari artikel aslinya dalam bahasa Inggris yang bisa dibaca di sini.