ABC

Terkait Bocornya Dokumen Kabinet, Media ABC Dikirimi Surat Geledah

Kepolisian Queensland (QPS) telah melayangkan surat izin penggeledahan kepada media ABC di Brisbane, sehubungan dengan dokumen Kabinet yang bocor, yang digunakan dalam serangkaian berita.

QPS mengirimkan surat penggeledahan tersebut menyusul adanya keluhan dari Sekretaris Kabinet Queensland, Leighton Craig, yang menyatakan bahwa dokumen itu kemungkinan "diakses secara tidak benar" dan melanggar peraturan Kabinet.

Berita yang ditulis oleh jurnalis dari Tim Laporan Nasional ABC,  Mark Willacy serta Alexandra Blucher, berfokus pada pemotongan anggaran dalam jumlah besar terhadap departemen lingkungan Queensland di bawah pemerintahan Partai Liberal Campbell Newman pada tahun 2012.

Berita-berita itu didasarkan pada serangkaian catatan briefing Kabinet dan proposal penghematan internal yang bocor.

Salah satu catatan Kabinet itu mengungkap bahwa pemerintahan Liberal menggunakan "peringkat dampak" untuk membantu menentukan program dan anggaran mana yang akan dipangkas, sementara lainnya merinci bagaimana pengawasan industri gas lapisan batubara yang kontroversial berulang kali dipotong.

Berita ketiga dalam serial tersebut mengungkap bahwa mantan pemerintahan Campbell Newman telah menghentikan sebuah perusahaan perubahan iklim yang menguntungkan, yang dijalankan oleh negara bagian.

Seorang petugas polisi dari Komando Kejahatan Berat QPS memberikan surat penggeledahan tersebut saat berkunjung ke kantor ABC Brisbane di wilayah South Bank.

Surat penggeledahan tersebut mengatakan bahwa "seseorang atau sejumlah orang tak diketahui yang telah dipekerjakan di kantor publik oleh Pemerintah Queensland secara tidak sah menyampaikan informasi berupa catatan briefing Kabinet yang rahasia dan proposal penghematan internal oleh pemerintahan Partai Liberal pada tahun 2012 ... padahal sudah menjadi tugas mereka untuk merahasiakan hal itu".

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.