ABC

Tempat Terbaik di Australia untuk Mengamati Bintang

Australia merupakan salah satu tempat terbaik di dunia untuk mengamati bintang. Bukan hanya karena kita bisa melihat 100 kali lebih banyak ketimbang di kutub utara, karena kita melihat langsung ke jantung galaksi Bima Sakti. Tapi juga tidak membutuhkan waktu lama menjauhi polusi cahaya perkotaan.

Saat menyongsong bulan-bulan musim dingin, banyak hal yang dapat dilihat di langit belahan selatan. Apalagi malam hari lebih panjang sehingga semakin mendukung pengamatan astronomi.

Australia Plus berbicara dengan sejumlah astronom dan masyarakat astronomi di seluruh Australia, untuk mengetahui tempat terbaik yang mereka pilih untuk melakukan pengamatan bintang.

Australian Capital Territory

One of the domes at Mount Stromlo Observatory against a cloudy sky.
Singgahlah di Observatorium Mount Stromlo untuk melihat kubah astronomi bersejarah tersebut.

Flickr CC: Lauri Väin

"Jika Anda sedang mencari langit yang cerah di ACT, tempat melakukan pengamatan terbaik dapat ditemukan di kawasan Tidbinbilla, sekitar 30 menit dari pusat kota," kata Presiden Masyarakat Astronomi Canberra, Sharon Harnett.

"Langit yang luas, bersih, jernih dan pendar cahaya Kota Canberra dari kejauhan di belakang Anda," tambahnya.

Sharon terutama merekomendasikan tempat-tempat seperti Paddy’s River atau Birragai.

Jika menuju ke tempat itu sebelum matahari terbenam Anda dapat mengubah petualangan mengamati bintang menjadi perjalanan astronomi. Dalam perjalanan mampirlah di Observatorium Mount Stromlo untuk melihat kubah bersejarah di sana dan menghabiskan waktu di Taman Nasional Tidbinbilla.

"Kemudian singgah sebentar di Komplek Komunikasi Dalam Luar Angkasa NASA untuk menikmati teh dan melihat piringan radio terbesar di belahan bumi selatan," kata Sharon.

New South Wales

Stars over Maroubra Beach, Sydney, Australia.
Mustahil menemukan langit yang relatif gelap di kawasan-kawasan taman di Sydney.

Flickr CC: Timothy M Roberts

"Langit terbaik yang pernah kulihat berada di tempat yang tinggi dan dingin," kata Dr Andrew Jacob, kurator Observatorium Sydney.

Dia merekomendasikan Snowy Mountains di musim dingin, dimana saja di luar kota: "Langit terlihat gelap, bintang-bintang lebih seperti berlian."

Tetapi jika terjebak di Kota Sydney Anda juga dapat menemukan langit yang relatif gelap jika pergi ke tempat-tempat seperti North Head, Middle Head atau South Head.

"Ada kegelapan di sekitar lokasi itu karena itu daerah taman," kata Dr Jacob.

Dimana pun Anda pergi, pilihlah malam ketika ada sedikit cahaya bulan yang dapat menghalangi pandangan Anda dari bintang-bintang. Biarkan Anda untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan untuk mendapatkan tampilan terbaik dari kosmos.

Northern Territory

Stars in the night sky over Alice Springs.
Alice Springs memiliki langit yang paling mempesona untuk menjadi tempat pengamatan bintang di dunia.

Flickr CC: Eason Liu

"Seperti banyak tempat di Bumi, tidak ada tempat lain yang sempurna untuk melihat bintang – kecuali Alice Springs dan pedalaman Australia yang tak jauh," kata astronom Geoff Carr.

Alice Springs memiliki pemandangan langit paling menakjubkan di dunia, katanya, karena kurangnya polusi cahaya dan udara kering yang stabil.

Sementara Kota Darwin tidak mendapatkan cukup tingkat kejernihan langit seperti Alice, di kota ini terdapat beberapa fasilitas untuk mengamati bintang-bintang di daerah tropis.

"Selama lima bulan pada musim kemarau bisa dijamin mendapatkan kondisi bebas awan," kata Geoff. "Setiap peristiwa astronomi yang terjadi selama Mei hingga Agustus, kami jamin bisa melihatnya."

Queensland

A panoramic photo of the outside of the Sir Thomas Brisbane Planetarium.
Di Planetarium Sir Thomas Brisbane anda dapat berbicara dengan para astronom mengenai apa yang mungkin dapat lihat di langit Selatan.

Flickr CC: Johnny Worthington

Professor Brad Carter dari University of Southern Queensland mengatakan menemukan tempat yang tepat melakukan pengamatan bintang bukan hanya soal berada jauh dari lampu-lampu kota.

"Bagus jika kita dapat memiliki horizon rendah yang cantik sehingga dapat melihat obyek astronomi karena mereka naik dan kemudian menetap," katanya.

Dia merekomendasikan Sir Thomas Brisbane Planetarium karena memiliki teleskop yang baik dan Anda dapat berbicara dengan astronom di sana.

Ada baiknya juga mencari tahu event-event astronomi, seperti Queensland Astrofest yang diadakan pada pertengahan Agustus tahun 2017.

South Australia

The stars of the Milky Way with tree silhouettes in the foreground.
Galaksi Bima Sakti dilihat dari Arkaroola di Flinders Ranges.

Flickr CC: Cazz

Tempat favorit Paul Curnow untuk melihat bintang di Australia Selatan adalah Flinders Ranges.

Dosen Planetarium Adelaide yang juga wakil ketua Masyarakat Astronomi Australia Selatan ini mengatakan banyak tempat yang dapat dikunjungi untuk melakukan pengamatan bintang di Australia Selatan dan semuanya baik.

"Salah satu tempat khusus adalah Arkaroola, yang berasal dari nama Adnyamathanha Arkaroo yang merupakan nama dewa mimpi," katanya.

Arkaroola adalah desa wisata sekitar delapan setengah jam dari Adelaide, dengan tiga observatorium terdapat di lokasi ini.

Menurutnya Arkaroola memiliki "langit terbaik di Australia" yang pernah dia datangi, terutama karena kurangnya polusi cahaya.

Tasmania

Photography of Aurora australis taken from a beach in Hobart
Anda bisa melihat aurora australis dengan mata telanjang di Tasmania.

Flickr CC: Mike Rowe

"Permata langit di ujung selatan terjauh tepat berada di atas Kota Tasmania pada waktu yang tepat sepanjang tahun. Sehingga Anda bisa mendapatkan pemandangan terbaik di sini," kata Steve Harvey, ketua Masyarakat Astronomi Tasmania.

Anda juga dapat melihat Aurora Australis dengan mata telanjang di Tasmania.

Steve mengatakan salah satu tempat terbaik melihat bintang di negara bagian ini adalah lapangan ski Ben Lomond, karena berada pada altitude tinggi yang berarti Anda berada di atas atmosfir rata-rata dibandingkan mendapatkan suasana yang malah mendistorsi pandangan Anda.

Lokasi lain yang bagus yang mungkin lebih mudah diakses adalah di Clarendon Estate, kira-kira sekitar 25 menit berkendara ke arah selatan Launceston.

Victoria

A vivid night sky of stars.
Langit malam diatas kota Tooborac di Victoria tengah.

Jika ingin melakukan pengamatan bintang di Victoria, Perry Vlahos, wakil ketua Masyarakat Astronomi Victoria (ASV), merekomendasikan anda ke utara Great Dividing Range.

"Cukup tepat menghindari lokasi selatan Great Divide dan atau dekat dengan pantai selatan," katanya, "Karena rata-rata menjadi kawasan yang memiliki malam paling berawan dua kali lebih banyak setiap tahunnya dibandingkan kawasan yang berada di utara dari Great Driving Ranges.”

ASV memiliki situs langit gelap sendiri di Central Victoria, yang berlokasi 1,5 jam arah utara Kota Melbourne, tapi tempat ini hanya terbuka untuk sejumlah warga pada akhir pekan setiap tahun.

"Lokasi ini begitu gelap sehingga galaksi Bima Sakti di sana dapat memantulkan bayangannya ketika melintas di atas kepala," kata Perry.

Jika Anda siap untuk melakukan perjalanan lebih jauh ke gurun kecil di Western Victoria, pastikan untuk memeriksa tanggal terlebih dahulu karena sebagai astronom dari Victoria dan Australia Selatan mengadakan spring star party di sana setiap musim semi.

Western Australia

Silhouette of a metal figure in front of a sky full of stars.
Lake Ballard adalah juga merupakan rumah bagi 51 figur dari besi yang berdiri didasar danau asin ini.

Supplied: Graham

"Pergi ke Danau Ballard di Goldfields amat menakjubkan karena Anda bisa mendapati langit malam yang benar-benar gelap," kata Carol Redford, kepala pengamatan bintang dari Stargazers Club WA.

Tapi Anda perlu bersiap sebelum menuju ke lokasi ini mengingat lokasinya cukup terpencil.

Lake Ballard adalah danau garam, dan dapat ditempuh dalam 2 jam berkendara dari Kalgoorlie, baik melalui jalan beraspal maupun jalan yang tidak beraspal. Dari Perth jalan itu akan membawa anda berkendara sehari penuh untuk sampai ke sana.

Danau ini juga merupakan rumah dari instalasi seni, Antony Gormley yang menciptakan 51 sosok logam yang berdiri di atas dasar danau.

Menurut Carol, pemandangan yang luar biasa membawa Bima Sakti lebih dekat. "Anda merasa seperti dapat menyentuh bintang-bintang," ucapnya.