ABC

Tempat Charger Mobil Listrik di NSW Akan Diperbanyak

Usaha untuk semakin mempopulerkan penggunaan mobil listrik di Australia akan dilakukan dengan pembangunan tempat untuk mencharger mobil listrik di negara bagian New South Wales.

Saat ini, hanya ada sekitar 50 tempat charger tersebut dan 11 diantaranya berada di New South Wales.

Sekarang sebuah kelompok yang membawahi para pengguna mobil listrik di NSW, NRMA akan membangun jaringan tempat-tempat untuk mencharger mobil listrik di seluruh negara bagian tersebut.

Dalam taraf pertama akan dibangun sedikitnya 40 tempat untuk charger dengan dana sekitar $ 10 juta (Rp 100 miliar).

NRMA dan Dewan Kendaraan Listrik (EVC) menyebutkan bahwa harga mobil listrik dan juga tidak adanya fasilitas untuk charge telah menjadi faktor penghalang bagi peningkatan penjualan mobil listrik di Australia.

Menurut EVC, penjualan mobil lisrik di seluruh Australia turun 23 persen di tahun 2016 dari tahun sebelumnya.

Direktur Eksekutif EVA Behyad Jafari mengatakan saat ini di Australia ada sekitar 5 ribu mobil listrik dan hibrid, dan di tahun 2016, penjualan baru hanya sekitar 1300 kendaraan, yang artinya hanya 0,1 persen dari penjualan kendaraan keseluruhan.

"Karenanya, tidak ada investasi yang memadai bagi ketersediaan kendaraan dengan model berbeda, selain juga penyediaan infrastruktur yang memadai di daerah regional dan metropolitan New South Wales." katanya.

Australia 'belum siap ke transisi mobil listrik"

Sejumlah negara dan perusahaan pembuat mobil secara aktif melakukan transisi ke arah pembuatan mobil listrik dan beberapa negara bahkan mengancam akan melarang penggunaan mobil berbahan bakar fosil dalam waktu yang tidak lama lagi.

Sekali proses charger diperlukan waktu setengah jam untuk mobil yang bisa berjalan 500 km
Sekali proses charger diperlukan waktu setengah jam untuk mobil yang bisa berjalan 500 km.

ABC News: Katrin Long

NRMA dan EVC mengatakan bahwa Australia saat ini belum siap menghadapi perubahan yang ada.

"Tidak seperti di negara lain, yang tidak kita miliki adalah kebijakan yang jelas dari pemerintah dalam mendukung transisi dari kendaraan bensin dan diesel ke arah kendaraan listrik, sesuatu yang kita lihat sedang terjadi di dunia ini." kata Jafari.

"Kita harus mempersiapkan diri, yang berarti mempersiapkan diri dalam hal generasi listrik, infrastruktur, dan memastikan kita memiliki fasilitas charger di berbagai tempat, sehingga orang bisa menggunakannya di saat mereka berkendara."

Ketua NRMA Kyle Loades mengatakan jaringan tempat charger baru ini akan membuka Australia bagi kehadiran mobil listrik.

"Kita tidak mempersiapkan diri bagi semakin meningkatnya ketersediaaan mobil listrik." katanya.

"Tidak banyak investasi di pasar kendaraan listrik di Australia saat ini, sehingga NRMA mengambil langkah untuk membangun jaringan guna mendukung perluasan penggunaan kendaraan listrik."

Stasiun tempat charger ini akan menyediakan fasilitas bagi kendaraan listrik yang bisa digunakan sejauh 500 km untuk bisa dicharge penuh selama setengah jam.

Stasiun charger ini akan dibangun di sekitar Sydney, Blue Mountains, sekitar Canberra, Illawarra, dan Newcastle.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini