ABC

Tantangan Bagi Orang Tua Mengurangi Waktu Penggunaan Ponsel

Jika anda sedang duduk di ruang tunggu, naik bus dan mengantri di sebuah kafe, kemungkinan sebagian besar orang di sekitar anda akan memusatkan perhatian pada telepon mereka.

Dan mengapa tidak?

Perangkat ponsel yang kita miliki saat ini memungkinkan kita untuk selalu mengikuti berita dan terhubung dengan keluarga dan teman-teman kita.

Kita bisa mengatur hidup kita melalui perangkat seukuran saku kita.

Dan sementara kita selalu memusatkan perhatian untuk membatasi waktu anak-anak bermain dengan gawai , bagaimana dengan mengurangi waktu kita dengan gawai di depan anak-anak?

anak-anak dan teknologi
Anak-anak belajar banyak dari orang tua mereka mengenai apa yang dapat diterima terkait dalam penggunaan gawai.

ABC Radio Canberra: Hannah Walmsley

Dr Joanne Orlando adalah seorang peneliti teknologi pendidikan di Western Sydney University.

"Terlalu banyak waktu penggunaan gawai bagi siapa pun adalah hal yang tidak baik dan kebanyakan dari kita tahu hal itu," katanya.

"Tapi kita tidak bisa melepaskan diri dari layar gawai karena kita bekerja dengan benda itu, anak-anak belajar dengan menggunakan gawai di sekolah, dan kita menggunakannya untuk hampir semua hal.

"Sangat umum bagi orang-orang bahkan berangkat tidur dengan telepon diletakan di bawah bantal atau di meja samping tempat tidur mereka.

"Telepon itu selalu bersama kita  sepanjang waktu selama 24 jam sehari 7 hari seminggu, karena ini menjadi bagian besar dari identitas kita dan kita menggunakannya untuk menciptakan kehidupan yang telah kita edit di media sosial."

Dr Joanne Orlando mengatakan bahwa tantangan bagi orang tua adalah menyingkirkan telepon saat mereka bersama anak-anak mereka.

"Salah satu hal yang secara konsisten diceritakan oleh anak-anak adalah, 'Ibu selalu bermain Facebook' atau 'Ayah selalu menggunakan teleponnya untuk mengecek email'." 

waktu penggunaan gawai bagi anak
Ketika anak-anak melihat kita banyak menghabiskan waktu dengan menggunakan gawai, maka mereka mengasumsikan kalau adalah hal yang wajar untuk melakukan hal yang sama.

ABC Radio Canberra: Georgia Stynes

Mengabadikan segala moment

Sementara kamera di telepon telah memudahkan kita untuk mendokumentasikan begitu banyak kehidupan kita dalam gambar, Dr Orlando mengatakan bahwa banyak dari kita telah melakukannya terlalu jauh.

"Seberapa pentingnya sih memiliki foto atas segala hal?" katanya.

"Dibandingkan cukup berada disana ketika itu dan menikmati moment tersebut sepenuhnya.”

Dr Orlando menyarankan agar keluarga membuat aturan yang akan membantu mereka membatasi waktu penggunaan gawai secara pribadi.

"Mintalah semua orang untuk meletakkan telepon mereka di tengah meja sehingga tidak ada yang tergoda untuk menyentuh telepon mereka saat makan," katanya.

"Terlalu mudah untuk jatuh ke dalam kebiasaan buruk menghabiskan terlalu banyak waktu dengan perangkat kita."

Diterjemahkan 8/8/2017 oleh Iffah Nur Arifah dan simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.