ABC

Tahun Depan Australia Bangun 12 PLTS Baru

Badan Energi Terbarukan Australia (ARENA) mengatakan pembangunan 12 pembangkit listrik tenaga matahari baru di Australia akan meningkatkan kemampuan nasional Australia dalam memproduksi listrik skala besar dengan memanfaatkan tenaga surya di Australia hingga 3 kali lipat.

Badan yang didanai pemerintah federal Australia ini mengumumkan investasi senilai $92 juta untuk pembangunan 6 Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Queensland, 5 di New South Wales dan satu di Cervantes, Australia Barat.
ARENA mengatakan proyek ini akan meningkatkan kapasitas listrik tenaga surya Australia berskala besar dari 240 megawatt menjadi 720 megawatt, yang akan cukup menyediakan energi listrik bagi 150.000 rumah tangga rata-rata di Australia.
Badan ini mengatakan proyek ini juga diharapkan dapat menjadi kunci pembuka bagi hampir $1 miliar investasi komersil dan meningkatkan perekonomian regional Australia.
PLTS terbesar akan dibangun di wilayah Darling Downs, Queensland dan akan mampu menghasilkan tenaga listrik lebih dari 110 megawatt.
Lokasi PLTS lainnya di Queensland meliputi Dalby, Longreach, Oakey, Kidston, Collinsville dan Whitsundays.
Kelima lokasi di New South Wales meliputi Parkes, Manildra, Griffith, Dubbo dan Glen Innes.
Menteri Energi Queensland, Mark Bailey mengatakan ini merupakan hari yang bersejarah.
"Hari ini adalah awal dari industry baru di Queensland, dengan ke-6 proyek PLTS ini – proyek setengah lusin yang lumayan, demikian saya menyebutnya,” katanya.
"Pemerintah saya berjanji untuk membangun industri energi terbarukan skala besar, untuk bertindak atas perubahan iklim sekaligus menciptakan lapangan kerja baru dan diversifikasi ekonomi kita.
"Saya bangga bahwa PLTS terbesar di Australia sekarang akan berlokasi di Darling Downs, dan itu berarti dua dari tiga PLTS terbesar Australia akan berlokasi di Queensland.
"Kita sudah beralih dari hanya negara bagian yang selalu disinari matahari menjadi negara bagian tenaga surya,”
"Itu artinya lebih dari setengah miliar dollar investasi akan datang ke Queensland, dan itu artinya juga akan tercipta lebih dari 500 pekerjaan di tingkat regional, dengan ratusan pekerjaan tidak langsung.”
Bailey mengatakan proyek ini akan menghasilkan tenaga listrik terbarukan yang cukup untuk mengalirkan listrik ke lebih dari 120.000 rumah.

Empat proyek di Queensland juga telah berhasil mendapatkan dukungan dari Pemerintah Negara Bagian melalui kontrak pendapatan jangka panjang.

Simon Kidston, dari Kidston Solar Project, di barat laut Townsville, mengatakan pembangunan pabrik 50 megawatt ini akan dimulai pada bulan Februari.

"Kami sangat senang mengatakan bahwa pembangunan ini akan selesai pada 2017," katanya.

"Kami sedang melihat jendela pembangunan dalam periode 9 – 10 bulan dengan jendela komisi dua bulan, sehingga tahun depan kita akan sudah memiliki pabrik PLTS yang sudah bisa beroperasi penuh dan memompa energi bersih ke jaringan Queensland.
"Kami sedang mengembangkan Hub Kidston Energi Terbarukan dan itu terdiri dari sebuah PLTS yang sangat besar tetapi terintegrasi dengan proyek penyimpanan pompa air.

"Alasan mengapa hal ini penting adalah karena pompa penyimpanan air bertindak sebagai baterai yang berbiaya sangat rendah dan efisien yang dapat menyimpan tenaga surya."

Diterjemahkan pukul 15:40 WIB, 8/9/2016, oleh Iffah Nur Arifah. Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.