ABC

Sydney Manjakan Pejalan Kaki dengan Terowongan Baru di Pusat Kota

Sebuah terowongan baru untuk pejalan kaki, Wynyard Walk, sepanjang 180 meter yang menghubungkan pusat Kota Sydney Australia dengan kawasan Barangaroo waterfront, mulai dibuka untuk umum, Selasa (20/9/2016).

Terowongan yang menghubungkan stasion kereta Wynyard Station dengan kawasan Barangaroo ini dibangun selama empat tahun.

Menteri Utama Negara Bagian New South Wales (NSW) Mike Baird mengatakan jalur pejalan kaki ini akan mempersingkat separuh waktu tempuh antara kedua lokasi itu.

"Salah satu kawasan pekerja paling menyenangkan di dunia sudah selayaknya mendapatkan akses terbaik. Ini yang terjadi dengan adanya Wynyard Walk," katanya.

"Saat ini untuk menempuh jarak dari Wynyard ke Barangaroo memerlukan waktu 15 menit," jelas Premier Baird.

"Tentunya dengan naik turun dan menyeberangi banyak jalan sibuk. (Terowongan) ini akan memotong semua itu, membuatnya mudah dan hanya sekitar 6 menit," tambahnya.

Menteri Perhubungan Andrew Constance mengatakan terowongan ini diperkirakan jadi jalur penting bagi ribuan pekerja dan pengunjung setiap harinya.

"Terdapat sekitar 23 ribu orang bekerja di Barangaroo namun kami perkirakan hingga 30 ribu pengunjung ke Barangaroo setiap hari," katanya.

"Terowongan itu sendiri bisa menampung pergerakan 20 ribu pejalan kaki setiap jam, sehingga kita akan melihat semakin banyak orang yang datang ke bagian kota ini," tambah Constance.

"Ini akan jadi jalan pengubung utama antara Barangaroo dengan jaringan transportasi, hingga dibangunnya stasion metro baru di Barangaroo dalam beberapa tahun mendatang," ujarnya.

Pemerintah NSW menjelaskan tahap pertama pengembangan stasiun Wynyard Station juga telah rampung.

peta.jpg
Peta terowongan bagi pejalan kaki di kota Sydney. (Foto: Kiriman/NSW Government)

Diterbitkan Pukul 14:00 AEST 20 September 2016 oleh Farid M. Ibrahim dari artikel berbahasa Inggris di sini.