ABC

Sydney Bangun Bandara Kedua

Pemerintah Australia akan segera mengumumkan Badgerys Creek di Sydney barat sebagai lokasi untuk bandar udara kedua di kota tersebut.

Kabinet Pemerintah PM Tony Abbott diharapkan akan menandatangani proposal itu Selasa (15/4/2014) dan akan mengalokasikan dana untuk pembangunan proyek itu dalam APBN yang akan diajukan bulan depan.

Selama puluhan tahun rencana pembangunan bandara tersebut menjadi perdebatan politik.

Kedua partai politik utama lagi-lagi terpaksa berubah sikap karena menghadapi tentangan keras dari komunitas setempat.

Tapi sumber-sumber senior pemerintah mengatakan, kali ini mereka bertekad untuk melaksanakan proyek itu.

Dalam kampanye pemilu, PM Abbott mengumumkan, ia ingin dikenal sebagai "perdana menteri infrastruktur" dan berjanji akan menentukan lokasi untuk bandara kedua Sydney pada awal pemerintahannya.

Badgerys Creek, kira-kira 50 kilometer dari pusat kota Sydney, sudah berulang-kali diusulkan dan dilupakan, dan kini akan sekali lagi diberi lampu hijau - pertama oleh subkomisi infrastruktur pemerintah dan kemudian Kabinet.

Western Sydney Airport Alliance, yang terdiri dari serikat buruh, kelompok-kelompok bisnis dan komunitas, telah giat melobi mendukung bandara itu selama 18 bulan terakhir.

Ketua aliansi David Borger mengatakan, kunci kesuksesan proyek itu adalah investasi pemerintah pada peningkatan jalan raya dan hubungan kereta api.

Beberapa proyek infrastruktur besar mungkin akan diumumkan dalam waktu dekat.

Beberapa menteri senior pemerintah mengemukakan, bandara kedua adalah suatu proyek signifikan secara nasional, yang dapat menciptakan puluhan ribu pekerjaan selama dua dasawarsa mendatang dan menopang ekonomi milyaran dollar.